Pekanbaru (ANTARA News) - Beruang berbulu hitam dengan tinggi dua meter dikabarkan mendatangi sejumlah pemukiman warga Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai, Riau dan memangsa puluhan ekor unggas di sana.

Beberapa warga Dumai, Minggu, mengatakan, hewan langka itu kerap muncul di kawasan Rukun Tetangga (RT) 01 dan RT 03, Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur.

Ketua RT 03 Kelurahan Bukit Nenas, Muhammad Umar, menguraikan, kemunculan beruang pertama kali diketahui warganya sekitar dua hari setelah Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriyah pada 1 September 2011.

"Sampai sekarang, beruang itu masing sering muncul dan telah memangsa puluhan ternak unggas seperti ayam dan itik milik warga," katanya.

Menurut informasi dari banyak warga, beruang itu paling sering muncul malam hari. "Pertama kali beruang itu muncul di rumah warga saya yang berada di Jalan Sirih. Beruang itu menyantap lebih sepuluh ekor ayam dan itik milik dia," ujarnya.

Pemilik unggas, Darno, kata Umar, mengaku sempat menyaksikan seekor beruang yang tingginya diperkirakan dua meter merusak kandang dan menyantap ayam-ayam peliharaannya.

Menurut cerita warga, kata Umar, sebelum sering mendatangi sejumlah pemukiman warga dan menerkam puluhan unggas, ada seekor beruang yang diyakini berjenis kelamin betina terperangkap di jerat babi milik warga.

"Kejadiannya sekitar beberapa hari sebelum Lebaran atau pada waktu itu masih bulan puasa. Akibat luka jerat yang parah, beruang betina itu akhirnya tewas," ujarnya.

Sejak itu, kata dia, seekor beruang yang diyakini berjenis kelamin jantan sering muncul di sekitar pemukiman warga dan menyantap puluhan unggas di sekitar kampung.

"Peristiwa ini juga seudah kita laporkan ke Babinsa. Harapan kita, beruang ini dapat diusir atau diungsikan ke tempat yang jauh dari pemukiman warga," tuturnya.(*)

KR-FZR/B008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011