Balikpapan (ANTARA) - Persiba berhasil menghempaskan Persipura Jayapura dalam duel tim yang sedang terpuruk di klasemen Grup 4 Liga 2 Indonesia. Beruang Madu melabrak Mutiara Hitam 3-1 di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu.

"Syukur alhamdulillah bisa dapat 3 poin,” kata Asisten Pelatih Persiba Zainal Abidin. Ia pun menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pemain yang sudah berjuang hingga tetes keringat terakhir di lapangan.

Pelatih Zainal juga menyampaikan terimakasih kepada para suporter, terutama Balistik yang tetap mendukung penuh Beruang Madu.

“Kemenangan hari ini juga untuk suporter,” sambung Zainal.

M Robby dan kawan-kawan memang tak ingin menyia-nyiakan dukungan Balistik saat bermain di Stadion Batakan. Beruang Madu menekan lawan sejak awal pertandingan. Persipura dikurung di daerahnya sendiri dan digempur habis-habisan.

Baca juga: Persiba curi poin di Palu

Walhasil, di menit ke-7 bobol sudah gawang Mutiara Hitam. Ibnu Marezamily melepaskan tendangan yang tak mampu diantisipasi kiper John Pigai, 1-0.

Setelah unggul, Persiba rupanya agak mengendurkan dan mengurangi tekanan. Ini memberi kesempatan bagi Persipura untuk bangkit. Menit ke-12, giliran Mutiara Hitam yang membobol gawang Beruang Madu lewat Tobias Junior Solossa. Skor imbang 1-1, dan menyadarkan Persiba untuk kembali memainkan sepakbola menyerang dan menekan.

Benar saja, begitu wasit kembali memulakan pertandingan, M Robby pun mengatur kawan-kawannya melancarkan serangan. Dan terbukti memang, dalam dua gelombang serangan, gawang Persipura kembali jebol. Pada menit ke-15 giliran gelandang Persiba Nevy Dwaramury yang mencetak gol. Skor 2-1.

Memasuki babak kedua, Persiba sempat kehilangan kendali permainan. Anak-anak Papua memainkan penguasaan bola dan berusaha mencekik lini pertahanan Beruang Madu. Namun ketenangan bek senior M Robby bisa memimpin rekan-rekannya menghadapi tekanan. Malah Persiba bisa menambah keunggulan dengan skema serangan balik cepat di menit ke-76.

Baca juga: Kalteng Putra curi satu poin di kandang Persipura Jayapura

Legiun asing Persiba asal Nigeria Song Sunday Longji lolos dari kawalan dan dengan elegan menaklukkan kiper, 3-1.

"Ini adalah game pertama saya dan saya bisa cetak satu gol. Saya dan kawan-kawan sangat senang atas hasil ini. Kami akan terus berusaha memberikan permainan yang terbaik buat Balistik dan tentunya buat Kota Balikpapan," kata Sunday Longji.

Bagi Persiba, kemenangan ini kembali memberikan pemain kepercayaan diri untuk terus mendulang poin penuh di tiga pertandingan tersisa. Kemenangan ini juga mengangkat Persiba di klasemen sementara satu strip ke posisi keenam dengan nilai 8, hasil dari dua kali menang dan dua kali seri. Di bawahnya di dasar klasemen adalah Persipura yang memiliki nilai sama dengan Persiba, yaitu 8, namun kalah dalam selisih gol.

Baca juga: Presiden Persiba beri sinyal rombak kepelatihan akibat hasil buruk
Baca juga: Sulut United taklukkan Persiba 1-0 di Stadion Klabat


Pewarta: Novi Abdi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023