Jalalabad (ANTARA News) - Seorang pembom bunuh diri yang mengendarai sebuah truk menyerang satu pos depan tempur NATO di Afghanistan mencederai 89 orang termasuk 50 tentara Amerika Serikat, kata Militer AS, Ahad.

Taliban dalam laman internetnya mengaku bertanggung jawab atas serangan Sabtu, berita itu muncul ketika dunia memperingati ulang tahun ke-10 serangan 11 September yang menewaskan hampir 3.000 orang di Amerika Serikat.

Juru bicara Militer AS Mayor David Eastburn mengatakan 50 tentara AS dan 15 Afghanistan termasuk di antara mereka yang cedera. Tidak jelas siapa korban cedera lainnya dalam serangan itu.

"Serangan itu terjadi pukul 17:15 waktu setempat Sabtu. Bom itu diledakkan dekat pintu masuk di satu pos depan tempur, yang mengakibatkan 89 orang cedera.

Taliban, yang menolak menyerahkan pemimpin Al Qaida Osama bin Laden setelah serangan-sersngan 11 September itu,  mengatakan rakyat Afghanistan memiliki "stamina yang tidak ada habis-habisnya bagi  perang panjang," dan akan "mengirim Amerika ke tong sampah sejarah".

Terdapat 100.000 tentara AS di Afghanistan, 33.000 personil akan meninggalkan negara itu pertengahan tahun 2012.
(H-RN)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011