Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia kegiatan lomba Kejuaraan Tembak Piala Komandan Paspampres (Danpaspampres) 2022, Kolonel Infanteri Rudi Setiawan, mengatakan kejuaraan menembak tersebut salah satunya ditujukan untuk mengenalkan kepada masyarakat cara kerja prajurit dalam melindungi kepala negara.

"Melalui kegiatan ini akan memberikan wahana atau tolok ukur bagi kami mengenai kemampuan membidik dan menjalankan tugas," kata Kolonel Infanteri Rudi Setiawan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Danpaspampres: Lomba menembak cari atlet muda potensial

Tidak hanya itu, kata dia, Paspampres juga bertugas menjaga keamanan dan melindungi mantan Presiden dan Wakil Presiden serta tamu negara. Oleh karena itu, setiap personel Paspampres dituntut memiliki keahlian dalam menembak.

"Sebagai pasukan pengamanan Presiden, kami mempunyai tugas berat karena harus mengamankan Presiden dan Wakil Presiden," ujar dia.

Tidak hanya mengenalkan kemampuan dan keahlian prajurit, Kejuaraan Tembak Piala Danpaspampres 2022 juga dalam rangka mencari atlet-atlet tembak muda berbakat.

Harapannya, lanjut dia, kejuaraan yang diselenggarakan dalam rangkaian Hari Bhakti Paspampres Ke-76 tersebut bisa melahirkan atlet tembak dan bisa mengukir prestasi di tingkat nasional bahkan internasional.

"Kita sangat berharap masyarakat ikut serta Piala Danpaspampres ini sehingga melahirkan banyak calon atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa," kata Kolonel Infanteri Rudi.

Kejuaraan Tembak Piala Danpaspampres 2022 sendiri digelar selama empat hari yang dimulai pada 10 hingga 13 Maret 2020. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Tembak Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin), Senayan Jakarta.

Untuk jenis perlombaan dibagi menjadi tujuh kelas, yakni tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, kelas tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres style, dan tembak ekshibisi yang akan diikuti beberapa publik figur atau artis di Tanah Air.

Baca juga: Danpaspampres uji coba senjata persiapan lomba menembak
Baca juga: Kejuaraan Danpaspampres Cup 2022 utamakan keselamatan


Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022