Jakarta (ANTARA) - Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko mengatakan kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 atau Danpaspampres Cup 2022 mengutamakan keamanan dan keselamatan seluruh peserta dan panitia penyelenggara.

"Bicara olahraga menembak, ini menggunakan peluru tajam. Jadi, pertama safety yang perlu diperhatikan. Semua penembak, tentara, (kelompok) profesional, sekali lagi (harus) memperhatikan keamanan," kata Wahyu saat ditemui usai meninjau lokasi lomba di Lapangan Tembak Senayan Jakarta, Senin.

Dia juga meminta seluruh peserta dan panitia penyelenggara memperhatikan secara serius aspek keamanan saat bertanding di Lapangan Tembak Senayan pada 10-13 Maret mendatang.

Dia menjelaskan saat menembak ke sasaran, peluru akan berada di luar kendali si penembak. Oleh karena itu, dia meminta seluruh peserta memahami risiko tersebut dan mengutamakan sikap kehati-hatian.

Baca juga: Piala Danpaspampres jadi barometer kejuaraan tembak di Indonesia

Saat meninjau lokasi perlombaan Danpaspampres Cup 2022 di Senayan, Senin, Wahyu mengecek langsung aspek keamanan dan keselamatan arena dan perlengkapan terkait.

Dia juga mencoba langsung beberapa alat wajib yang digunakan saat menembak, seperti kacamata pelindung dan penutup telinga.

Dia memastikan langsung kepada Ketua Panitia Danpaspampres Cup 2022 Kolonel Infanteri Rudi Setiawan terkait tempat bagi para penonton.

Rudi, yang juga Asisten Operasi (Asops) Paspampres, menjelaskan lokasi penonton dan peserta akan dipisahkan oleh beberapa penghalang dalam jarak aman.

Wahyu mengatakan penyelenggaraan lomba menembak itu akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kami akan ada (tes) antigen. Semua yang masuk arena lomba wajib menjalani tes antigen," ujarnya.

Selain itu, panitia penyelenggara juga memastikan seluruh peserta menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni dengan memakai masker selama kegiatan, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan cairan sanitasi tangan (hand sanitizer).

Danpaspampres Cup 2022, yang diselenggarakan setelah vakum selama tiga tahun, merupakan rangkaian acara peringatan Hari Bhakti ke-76 Paspampres.

Kejuaraan menembak tersebut diselenggarakan di tujuh kelas, yaitu tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi. Acara tersebut rencananya akan diikuti oleh beberapa selebritas.

Wahyu berharap kegiatan itu tidak hanya jadi ajang unjuk kemampuan para prajurit, tetapi juga pembibitan terhadap para atlet menembak.

"Kami ingin meningkatkan prestasi penembak-penembak kita. Banyak penembak kita sudah ikut kelas internasional," ujarnya.

Danpaspampres Cup 2022 diselenggarakan terbuka untuk prajurit TNI, anggota Polri, dan masyarakat umum, termasuk komunitas olahraga menembak. Pendaftaran bagi peserta lomba masih dibuka hingga acara pembukaan pada Kamis (10/3).

Baca juga: Paspampres kebut persiapan lomba tembak Piala Danpaspampres 2022

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022