Hong Kong (ANTARA News) - Gempa bumi dengan kekuatan 6,0 pada skala Richter mengguncang lepas pantai Vanuatu, Senin, pukul 07.37 waktu Beijing, (Senin, 06.37 WIB), kata U.S. Geological Survey.

Pusat gempa, dengan kedalaman satu kilometer, mulanya ditetapkan berada pada 18,1386 derajat Lintang Selatan dan 167,8999 derajat Bujur Timur. Pusat gempa tersebut berada di sebelah barat-daya ibu kota Vauatu, Port-Villa.

"Pusat gempa sangat dangkal dan mengakibatkan kegiatan air permukaan tapi bukan tsunami," kata ahli seismologi GeoScience Australia. Ditambahkannya, guncangan mungkint erasa di Port Vila tapi kerusakan tampaknya tak terjadi.

Gempa itu terjadi setelah serangkaian gempa di dekat Vanuatu termasuk dua gempa dengan kekuatan 7,0 pada skala Richter atau lebih dalam satu bulan belakangan.

"Lebih 40 gempa tahun ini telah tercatat di daerah di sebelah barat-daya Port Vila dan ini akan menjadi gempa susulan," kata ahli seismologi.

Vanuatu terletak di wilayah yang disebut "Pacific Ring of Fire", yang sering menghadapi kegiatan seismik akibat gesekan antar-lempeng tektonik.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011