Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dapat mewujudkan pembangunan IKN Nusantara sebagai kota masa depan Indonesia secara cepat.

“Selamat atas pelantikan Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Keduanya memiliki rekam jejak yang baik dan kami berharap agar bisa bekerja cepat mewujudkan IKN sebagai kota masa depan,” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia berharap Bambang Susantono bersama Dhony Rahajoe mampu mewujudkan pembangunan IKN Nusantara yang berkeadilan dengan melindungi warga lokal dan mengedepankan konsep ramah lingkungan agar tidak merugikan masyarakat setempat.

Baca juga: DPR siapkan protokol kesehatan ketat dalam pelaksanaan IPU di Bali

“Pembangunan IKN Nusantara dilakukan dengan adil dan melindungi warga lokal serta ramah lingkungan. Kami berharap IKN Nusantara bisa merefleksikan kota Indonesia di masa depan, tapi jangan sampai pembangunannya merugikan rakyat setempat,” ujar Puan.

Selanjutnya untuk mempercepat pembangunan IKN, Puan berpesan agar pasangan pemimpin IKN tersebut segera membentuk struktur organisasi terkait.

Puan mengingatkan Bambang dan Dhony untuk dapat bekerja sama secara baik dengan kementerian-kementerian serta lembaga ataupun instansi yang sudah terlebih dahulu terlibat dalam rancangan pembangunan IKN agar pengelolaan pembangunannya dapat berjalan optimal.

Baca juga: Ketua DPR: Kelangkaan minyak goreng dapat timbulkan kegaduhan

“Lakukan koordinasi yang efektif, termasuk dengan setiap pemangku kepentingan di Kalimantan Timur. Implementasikan semua rancangan proyek pembangunan IKN Nusantara sebaik-baiknya agar hasilnya tidak mengecewakan rakyat,” ungkap Puan.

Selanjutnya, dia meminta Bambang dan Dhony untuk senantiasa berkomunikasi dengan DPR RI terkait setiap perkembangan pembangunan IKN Nusantara. DPR RI, kata Puan, menantikan kerja sama dengan Otorita IKN.

“Sebagai representasi rakyat, DPR punya kewajiban untuk mengetahui setiap detail pembangunan IKN agar dapat ikut menyosialisasikan perkembangannya kepada masyarakat sekaligus sebagai bentuk pengawasan. Selamat bekerja untuk Pak Bambang dan Dhony,” ujar Puan.

Baca juga: Puan: Kebijakan pelonggaran harus diterapkan cermat

Puan menilai keahlian Bambang Susantono di bidang transportasi perkotaan, infrastruktur, dan pembangunan berkelanjutan akan menjadi modal dalam pembangunan IKN Nusantara.

“Keahlian beliau dibutuhkan dalam membangun IKN Nusantara agar menjadi kota yang inklusif, hijau, cerdas, dan berkelanjutan,” ucapnya.

Sementara itu, Puan menilai rekam jejak Dhony Rahajoe dalam membangun kota satelit akan memperkuat pembangunan IKN Nusantara dari sisi teknis operasional.

“Pak Dhony Rahajoe berhasil membangun salah satu kota satelit terbaik di Indonesia. Pengalaman beliau bisa jadi modal membangun IKN Nusantara menjadi kota futuristik,” ujarnya

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022