Simpang Empat, (ANTARA) - Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Salim Segaf Al Jufri menurunkan 1.000 relawan membantu penanganan gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

"Kendati masa tanggap darurat sudah berakhir, namun kondisi rumah masyarakat hingga rumah ibadah yang roboh belum pulih, atas instruksi Ketua Majelis Syuro kami menurunkan 1.000 relawan membantu pemulihan," kata Wakil Ketua DPW PKS Sumbar Ulyadi Yesmar di Pasaman Barat, Jumat.

Para kader dan relawan PKS Sumatera Barat yang diturunkan ke Pasaman Barat melakukan aksi pelayanan kepada masyarakat seperti membangun rumah rumah penduduk, membersihkan tempat ibadah dan sekolah, serta melakukan trauma healing.

Ulyadi menemukan saat ini secara psikologis masyarakat masih trauma terlihat dari raut wajah dan masih banyak yang bermalam di tenda pengungsian.

Ia menyampaikan PKS hadir di negeri ini adalah sebagai pelayan anak negeri.

Baca juga: Ketua DPD RI imbau pemerintah beri penghargaan kepada relawan bencana

Baca juga: Salim Segaf siagakan 80 ribu relawan PKS merespons bencana nasional

"Kami mungkin juga dalam kekurangan atau bahkan keluarga kami adalah korban bencana di Pasaman Barat, tapi semangat berkorban dan melayani telah tertanam dalam tubuh kader dan relawan, maka menolong saudara kita korban gempa jauh lebih diutamakan," katanya.

Ia mengajak seluruh relawan yang diturunkan meluruskan niat, menjaga kekompakan dan memastikan kehadiran korban ke Pasaman untuk meringankan beban saudara kita, bukan membebani mereka.

Sementara Bupati Pasaman Barat Hamsuardi memberikan apresiasi kader PKS dan relawan yang telah berkenan meringankan beban masyarakat Pasaman Barat.

"Beban berat kami semakin terasa ringan dengan terus bergulirnya bantuan dari kader PKS dan relawan, karena kita akan masuk pada tahap rehab rekon hunian sementara," katanya,

Ia berharap kader dan relawan PKS berkenan untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah,sehingga agenda rehab rekon hunian sementara masyarakat tepat sasaran.

Baca juga: Kiprah relawan Unej bantu korban bencana Gunung Semeru

Baca juga: Satgas Relawan selesaikan peningkatan kapasitas layanan psikososial

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022