Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi masyarakat yang mau menjalani isolasi mandiri di tempat isolasi terpusat (isoter) yang disediakan pemerintah.

Jenderal bintang empat itu meyakini isoter membantu memperkecil penyebaran COVID-19 di masyarakat.

"Ini (isoter) akan sangat membantu untuk menjaga agar pengendalian varian baru terkait penularannya betul-betul bisa kita jaga semaksimal mungkin," kata Sigit dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Polri percepat booster jelang Ramadan cegah laju COVID-19

Mantan Kabareskrim Polri itu menyebutkan penularan virus COVID-19 berpotensi terjadi lebih besar apabila masyarakat yang terpapar menjalani karantina selain di isoter. Apalagi, tempat atau rumah yang tidak memenuhi persyaratan untuk menjalani isolasi mandiri.

Menurut dia, tempat untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) memiliki persyaratan yang harus dipenuhi, seperti memiliki kamar mandi terpisah dan kamar terpisah dengan anggota keluarga lainnya.

"Kecenderungan dirawat di rumah apalagi khususnya persyaratan yang melaksanakan isoman tidak memenuhi standar, ini akan ada risiko terjadi penularan kepada keluarga ataupun masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Kapolri: Booster lindungi buruh dalam bekerja saat pandemi

Sigit memastikan dengan menjalani perawatan di isoter, maka masyarakat akan mendapatkan penanganan terbaik dari dokter, tenaga kesehatan, fasilitas, sarana, dan prasarana penunjang lainnya.

Ia menganjurkan masyarakat yang memiliki komorbid sebaiknya menjalan isolasi di tempat isoter karena dilengkapi dengan tenaga kesehatan dan obat-obatan yang siap sehingga bila terjadi peristiwa yang mengharuskan seseorang dirujuk ke rumah sakit dapat segera ditangani petugas.

"Karena itu pilihan dirawat di isoter jauh lebih baik. Tentunya isoter jauh lebih siap. Ini menjadi pilihan lebih baik dalam rangka kendalikan laju COVID-19," ujar Sigit.

Baca juga: Kapolri imbau masyarakat dukung pemerintah ubah pandemi jadi endemi

Di sisi lain, Sigit mengapresiasi para dokter, tenaga kesehatan, dan relawan yang telah bekerja maksimal dalam memberikan perawatan terbaik untuk kesembuhan masyarakat yang terpapar COVID-19.

Sigit menambahkan langkah-langkah pengendalian COVID-19 dapat terwujud dengan kerja sama, soliditas, sinergi semua pihak dalam mempercepat vaksinasi COVID-19, dan kepatuhan dalam protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan saat meninjau lokasi isoter di Asrama Haji Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022