Jakarta (ANTARA) - James Harden sukses melampaui legenda Indiana Pacers Reggie Miler dalam daftar pencetak tripoin sepanjang masa di NBA saat bintang Philadelphia 76ers itu menghadapi Brooklyn Nets di Pennsylvania, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Tonggak itu resmi dicapai Harden saat kuarter pertama menyisakan enam menit 47 detik, setelah ia mengecoh Kyrie Irving dan melakukan gerakan step back khasnya sebelum melepaskan tripoin yang melesak ke dalam keranjang.

Harden lantas mencetak dua tripoin lagi di sisa laga untuk melengkapi koleksinya menjadi 2.563 buah atau unggul tiga kali lebih banyak dibandingkan Miller, meskipun Sixers kemudian harus menelan kekalahan 100-129 dari Nets.

Baca juga: Kevin Durant antar Nets pecundangi Sixers di markas sendiri

Dalam klasemen tripoin sepanjang masa, Harden kini hanya tertinggal dari bintang Golden State Warriors Stephen Curry dan pemilik dua cincin juara Ray Allen, demikian catatan situs resmi NBA.

Curry, yang hingga kini masih aktif bermain memiliki 3.107 tripoin, sedangkan Allen yang sudah gantung sepatu sejak 2016 menutup kariernya dengan catatan 2.973 tripoin.

Harden, yang saat ini berusia 32 tahun tentu masih berpeluang untuk mengejar marjin 410 tripoin lagi, tapi ia perlu meningkatkan rata-rata tripoinnya yang saat ini 2,8 kali per gim.

Sebagai perbandingan, Allen sepanjang kariernya mencatatkan karir total 2,3 tripoin per gim, sedangkan di daftar pemain yang masih aktif Harden berada di urutan keenam di bawah Curry (3,8), Duncan Robinson (3,2), Buddy Hield (3,0), Damian Lillard (3,0) dan Klay Thompson (3,0).

Baca juga: James Harden kembali dihujani pujian selepas Sixers jinakkan Bulls
Baca juga: Stephen Curry pimpin Warriors hentikan tren kemenangan Nuggets
Baca juga: Masalah Pelicans bertambah setelah CJ McCollum masuk protokol COVID-19

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022