Makassar (ANTARA) - Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM) Selayar resmi beroperasi di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Menandai pengoperasian ITSBM itu, Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah meresmikan secara langsung berdirinya perguruan tinggi ke-13 di Sulsel tersebut di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Benteng, Kabupaten Selayar, Jumat.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Litbang Wilayah IX Sulselbatra Drs Andi Lukman MSi menjelaskan, proses pendirian ITSBM ini merupakan yang tercepat.

"Sejak Desember 2021 kami memberikan rekomendasi. Alhamdulillah, Februari sudah keluar dari Dikti. Insya Allah, ini tanda bahwa Allah merahmati Selayar," kata Lukman.

Baca juga: Buya Syafii minta posisi Mendikbud dijabat tokoh yang paham pendidikan

Baca juga: Strategi internasionalisasi PT Muhammadiyah dibahas di Makassar


Karena itu, Kepala LLDIKTI mengingatkan pilar-pilar utama dalam pengembangan perguruan tinggi, yaitu sumber daya manusia yang baik serta sarana dan prasarana yang selalu seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Selain itu, yang tidak kalah penting untuk selalu diterapkan ITSBM Selayar, yaitu tata kelola manajemen yang baik.

Pasalnya, kata dia, lingkup LLDIKTI IX ini banyak perguruan tinggi yang sudah berjaya, tapi karena tata kelola bermasalah, pengelola dan penyelenggara lain maunya, jadinya ambruk juga.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang, Prof Ahmad, Ph.D menegaskan bahwa sebagai kampus di bawah naungan Persyarikatan ITSBM Selayar harus taat aturan.

Ia mengingatkan pimpinan ITSBM Selayar nantinya harus selalu berkonsultasi dengan LLDIKTI dan Majelis Dikti PP Muhammadiyah.*

Baca juga: UMP dan MPR RI jalin kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Baca juga: Dosen UMM teliti bahan baku obat alternatif bersama empat PTM

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022