Simulasi TFG ini untuk menyatukan persepsi personel yang ditugaskan dalam operasi.
Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) mematangkan persiapan pengamanan MotoGP yang akan berlangsung 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika melalui gelaran simulasi "Tactical Floor Game" (TFG).

Wakil Kepala Polda NTB Brigadir Jenderal Polisi Ruslan Aspan melalui keterangan tertulis, Sabtu, mengatakan simulasi TFG ini merupakan rangkaian Latihan Praoperasi Mandalika II Rinjani 2022 yang menjadi persiapan dalam pengamanan MotoGP.

"Jadi tujuan dari kegiatan simulasi TFG ini untuk menyatukan persepsi personel yang ditugaskan dalam operasi, sehingga diharapkan terciptanya cara bertindak yang tepat sesuai sasaran yang telah ditentukan," kata Ruslan dikutip melalui keterangan tertulisnya.

Simulasi TFG digelar Polda NTB beserta seluruh jajaran yang bertugas dalam pengamanan MotoGP 2022 ini, digelar di Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu.

Pada kegiatan tersebut Ruslan mengatakan bahwa perhelatan MotoGP 2022 yang segera digelar ini tidak hanya dihadiri para penonton, melainkan juga para pelaku ekonomi.

"Sehingga jadikan ini sebagai peluang dalam membangun ekonomi Indonesia, khususnya masyarakat NTB terutama yang bergerak di sektor pariwisata," ujarnya.

Karena itu, dia menekankan agar para personel yang terlibat dapat mengantisipasi sedini mungkin segala potensi gangguan keamanan.

"Hal ini merupakan bentuk pertarungan kita. Bahwa Polda NTB harus mampu mengamankan event internasional, sehingga nantinya membawa nama baik bangsa Indonesia di mata dunia," ujar dia pula.

Ruslan berharap agar para personel yang bertugas di lapangan dapat dengan sigap dan cepat mengambil langkah tepat ketika bertemu masalah.

"Yang paling penting, acara berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan dipersiapkan," katanya.

Pada kesempatan itu, dia juga berpesan agar para personel tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 saat bertugas di lapangan. Demikian juga dalam pengawasan terhadap masyarakat.
Baca juga: Polda siapkan pengamanan rute konvoi Presiden dan pebalap MotoGP
Baca juga: 3.427 personel gabungan siap amankan kegiatan MotoGP 2022

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022