Jakarta (ANTARA) - Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo membuka secara resmi kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 di Lapangan Tembak Senayan Jakarta, Minggu.

Dalam sambutan yang disiarkan melalui tayangan video di Jakarta, Minggu, dia mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta.

"Dalam hal ini, selaku pribadi dan Komandan Paspampres, saya mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet menembak yang turut ambil bagian dalam lomba tembak Piala Danpaspampres," Tri Budi.

Dalam sambutannya, dia juga meminta maaf atas ketidakhadirannya secara langsung di lokasi karena masih bertugas mengawal Presiden Joko Widodo.

Piala Danpaspampres 2022 merupakan rangkaian kegiatan Hari Bhakti ke-76 Paspampres.

Kejuaraan menembak itu terbuka untuk peserta dari jajaran TNI, Polri, dan kalangan masyarakat sipil, dengan tujuan sebagai ajang mengasah kemampuan prajurit sekaligus mempererat silaturahmi antara prajurit, polisi, dan masyarakat.

Baca juga: Atlet tembak ikut berlaga di Paspampres Style Piala Danpaspampres 2022

Ia menyampaikan kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 cukup diminati masyarakat, dengan jumlah peserta yang terlibat melebihi 500 orang. Piala Danpaspampres 2022 diselenggarakan Kamis (10/3) sampai Minggu (13/3).

"Peserta masih akan bertambah karena banyak yang akan mendaftar secara langsung di tempat lomba, on the spot," tambahnya.

Piala Danpaspampres 2022 mempertandingkan 19 nomor lomba, yang terdiri atas tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.

Kejuaraan tersebut juga mengajak para perwira tinggi TNI dan Polri serta tokoh masyarakat seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto) untuk turut serta bertanding dalam kelas tembak eksekutif dueling plate.

Sejumlah perwira tinggi TNI yang hadir dalam acara pembukaan Piala Danpaspampres 2022 antara lain Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto.

Baca juga: Titiek Soeharto dan Bambang Trihatmojo ikut lomba Piala Danpaspampres

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022