Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan kekuatan sistem pertahanan dan keamanan (hankam) suatu negara terukur dari kemampuan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Kalau Paspampres kita semakin hebat, (maka) dunia akan melihat sistem pertahanan dan keamanan kita yang tangguh," kata Bambang saat memberi sambutan di kejuaraan menembak Piala Danpaspampres Cup 2022 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Minggu.

Dia menambahkan Paspampres, yang terdiri atas anggota pasukan khusus TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara tersebut, mengemban tugas tidak mudah.

"Tugas Paspampres bukan tugas yang ringan. Pengukuran jarak pendek bukan hal yang mudah karena butuh kemahiran, kemampuan tempur yang luar biasa," jelasnya.

Saat ini, tambahnya, jumlah anggota Paspampres masih perlu ditingkatkan.

"Jumlah (personel) Paspampres baru sekitar 3.000 orang; yang ideal 4.000 sampai 5.000 orang dari tiga angkatan (matra TNI)," katanya.

Menutup sambutannya, dia mengapresiasi penyelenggaraan kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022.

Baca juga: Lomba menembak Piala Danpaspampres 2022 diikuti lebih dari 800 peserta

Kejuaraan tersebut tidak hanya sebagai ajang mengasah kemampuan para anggota Paspampres, tetapi juga semakin mendekatkan hubungan antara anggota TNI, Polri, dan masyarakat sipil.

"Selamat bagi kawan-kawan Paspampres. Semoga kejuaraan ini bisa menambah catatan prestasi Paspampres," ujarnya.

Piala Danpaspampres 2022 kembali digelar setelah vakum selama tiga tahun.

Kejuaraan kali ini mempertandingkan 19 nomor lomba, di antaranya tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.

Di hari terakhir, Minggu, lomba menembak kelas eksekutif diikuti khusus oleh para perwira tinggi TNI dan Polri, pejabat negara, serta tamu undangan.

Beberapa perwira tinggi TNI yang berpartisipasi dalam pertandingan persahabatan itu antara lain Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Danseskoau) Marsda TNI Widyargo Ikoputra, dan Wakil Komandan Paspampres Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Sementara sejumlah pejabat negara turut mengikuti kejuaraan menembak eksekutif dueling plate ialah Ketua Bambang Soesatyo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, dan Direktur Jenderal Permasyarakatan Kemenkumham Reynhard Silitonga.

Baca juga: Menkumham, Bamsoet dan Titiek Soeharto bersaing di Piala Danpaspampres

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022