Kami akan melakukan peringatan dini untuk asteroid yang kemungkinan menjadi ancaman bagi umat manusia dan dapat menabrak Bumi
Jakarta (ANTARA) - China akan memiliki sejumlah misi Tianwen untuk penjelajahan planet guna mengeksplorasi alam semesta setelah misi Tianwen-1, menurut seorang ilmuwan China.

Kepala Perancang Program Eksplorasi Bulan China Wu Weiren seperti dilansir Xinhua, Minggu, mengatakan bahwa eksplorasi antariksa dalam (deep space) akan dilanjutkan dan misi Mars negara tersebut akan diteruskan oleh misi Tianwen-2, Tianwen-3 dan Tianwen-4.

Misi Tianwen-1 China yang diluncurkan pada 23 Juli 2020 terdiri dari sebuah wahana pengorbit (orbiter), pendarat (lander), dan penjelajah (rover), tiba di Mars pada Februari tahun lalu. Zhurong, wahana penjelajah Mars, diturunkan dari platform pendarat ke permukaan Mars pada 22 Mei 2021 dan telah melakukan eksplorasi di Planet Merah itu.

Tugas utama dari misi-misi lanjutan adalah untuk mengeksplorasi asteroid di antariksa dalam dan membawa pulang sampel asteroid ke Bumi, kata Wu dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Wu juga memaparkan bahwa rencana masa depan meliputi eksplorasi Venus dan asteroid di antariksa dalam. "Kami akan melakukan peringatan dini untuk asteroid yang kemungkinan menjadi ancaman bagi umat manusia dan dapat menabrak Bumi".
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022