Nanti setelah datang pasti dijelaskan persyaratannya apa saja, pasti diajarin
Jakarta (ANTARA) -
Menembak dikenal identik dengan kegiatan pertahanan dan keamanan, padahal tidak selalu begitu karena aktivitas ini juga merupakan salah satu bentuk olahraga.

Kemudian, lantaran pandangan bahwa menembak identik dengan pertahanan dan keamanan maka banyak orang yang enggan untuk mendalami olahraga yang sebenarnya mengandung banyak manfaat positif bagi fisik dan mental ini.

Ferdians, seorang pesohor dan ahli hipnotis, yang juga mendalami hobi menembak, membagikan kiat bagi masyarakat awam yang ingin merintis olahraga menembak sebagai hobi.

Baca juga: Wadanpaspampres: Lomba tembak Piala Paspampres berjalan sesuai rencana

"Untuk memulai hobi menembak, bisa dimulai dengan datang ke lapangan tembak resmi yang telah ada di bawah naungan Perbakin. Ini siapa pun ya, termasuk orang awam bisa datang.
 
"Tidak harus polisi atau militer. Semuanya bisa," kata Ferdians saat ditemui dalam acara lomba tembak Piala Danpaspampres 2022 di Lapang Tembak Senayan, Jakarta, Minggu.

Dengan datang ke lapangan tembak resmi, menurut Ferdians, nanti akan ada instruktur yang bisa melatih dan mengajarkan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendalami olahraga menembak.

Tentunya sebagai pemula mengenali dasar-dasar untuk memulai menggeluti hobi menembak menjadi penting agar keamanan tetap terjaga dan sesuai dengan prosedur resmi.

Baca juga: Titiek Soeharto dan Bambang Trihatmojo ikut lomba Piala Danpaspampres

"Nanti setelah datang pasti dijelaskan persyaratannya apa saja, pasti diajarin (cara menembak yang benar)," kata Ferdians.

Menembak sebagai olahraga dikenal memiliki manfaat dapat melatih fokus, melatih otot-otot inti hingga tangan agar menjadi lebih kuat, serta membantu mengurangi stres.

Ada beberapa perangkat yang bisa digunakan untuk cabang olahraga menembak, di antaranya senapan angin hingga senjata api.

Tentunya ada tingkatan-tingkatan yang perlu dipelajari mulai dari jarak menembak hingga penguasaan alat akan berpengaruh dalam mendalami hobi menembak.

Menembak juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam ajang olahraga internasional termasuk dalam Olimpiade.

Baca juga: Keseruan Raffi Ahmad hingga Parto dalam lomba tembak bareng paspampres

Baca juga: Danseskoau dan Danpas Gegana juara menembak Piala Danpaspampres 2022

Baca juga: Lomba menembak Piala Danpaspampres 2022 diikuti lebih dari 800 peserta

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022