Tokyo (ANTARA News) - Trio robot-robot kecil Jepang akan bahu membahu bekerja bersama dalam lomba triatlon di Hawaii bulan depan di mana ketiganya akan mempertontonkan kelebihannya dalam hal baterai rechargeable.

Produsen elektronik dunia ini akan menggunakan tiga baterai rechargeable untuk ketiga rangkaian lomba berupa 2,4 mil (3,8 km) berenang, 112 mil bersepeda dan 26,2 mil lari, untuk menggerakkan robot humanoid bernama "Evolta" yang dibuat Tomotaka Takahashi.

Panasonic berharap robot mereka finish dalam waktu seminggu atau 168 jam.  Caranya, dengan me-recharge sesering mungkin rangkaian baterai yang dipakai ketiga robot itu selama perlombaan berlangsung.

Triatlon Hawaii akan menjadi rangkaian lomba ketahanan baterai yang terakhir demi menunjukkan ketangguhan baterai yang dipakai robot Evolta.

Di masa lalu, perusahaan ini mengirimkan robot-robot Evolta berbeda untuk menjelajah Grand Canyon di AS, mengayuh sepeda roda tiga selama 24 jam pada lomba ketangguhan bateri di Le Mans, dan berjalan sejauh 500 km dari Tokyo ke kota kuno Kyoto di Jepang barat.

Robot yang akan mengayuh sepeda dan berlari masing-masing memiliki panjang 23 cm dan 25 cm, sedangkan panjang robot yang berenang adalah 52 cm, demikian AFP.  (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011