Kami turut prihatin atas bencana banjir yang melanda warga di delapan desa yang terjadi pada hari Kamis, 10 Maret 2022. ...
Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program SIG Peduli menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang di 8 Desa di Kecamatan Kerek, Tuban, Jawa Timur.

Delapan desa yang terdampak yaitu Desa Temayang, Padasan, Margomulyo, Karanglo, Jarorejo, Sumberarum, Winong serta Wolutengah.

General Manager of CSR SIG Edy Saraya dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian SIG untuk penanganan bencana banjir dan upaya percepatan pemulihan infrastruktur.

“Kami turut prihatin atas bencana banjir yang melanda warga di delapan desa yang terjadi pada hari Kamis, 10 Maret 2022. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk meringankan beban para korban banjir," katanya.

Baca juga: SIG salurkan 1.500 sak semen untuk penanggulangan gempa Pasaman Barat

Selain pembersihan lumpur dan sampah, SIG juga menyalurkan bantuan 300 paket sembako berisi beras 5 kg dan mi instan 10 dus serta 1.000 zak semen, 5 truk batu kapur untuk menutup tanggul sungai yang jebol.

Bantuan pengerahan mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki untuk pembersihan fasilitas sarana umum dan rumah warga.

Sementara itu, Camat Kerek Nanang Wahyudi, mengungkapkan banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi selama 2 jam sehingga merusak tanggul sungai yang ada di desa Temayang. Akibatnya air mengalir dan menggenangi fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas, masjid dan merusak beberapa rumah warga.

Baca juga: Semen Indonesia dukung pemerintah wujudkan "net zero carbon emission"

Menurutnya, sebagai salah satu BUMN yang ada di Kabupaten Tuban, SIG menunjukkan kepedulian kepada masyarakat.

"Terima kasih atas bantuan SIG dan kerja sama Pemerintah Kecamatan yang diharapkan dapat mempercepat pemulihan infrastruktur akibat banjir,” kata Nanang Wahyudi.

Bantuan dari SIG akan disalurkan secara merata kepada warga terdampak, seperti bantuan semen yang akan dibagikan kepada warga untuk kembali membangun atau memperbaiki rumah yang rusak, juga bantuan batu kapur yang digunakan untuk membangun tanggul sementara sebagai antisipasi jika curah hujan kembali tinggi.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022