Kuala Lumpur (ANTARA News) - Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengucapkan terima kasih kepada warga Indonesia yang menghadiri perayaan ke-54 kemerdekaan Malaysia dan 48 tahun Hari Malaysia yang berlangsung meriah di lapangan Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Jumat.

"Sampaikan salam saya kepada rakyat Indonesia," kata Najib saat memberikan salam kepada para wartawan senior dan sejumlah pemimpin redaksi media massa dari Indonesia yang menjadi tamu kehormatan dalam acara perayaan tersebut.

Najib juga menyempatkan bersalaman dengan Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia Mulya Wirana yang juga menjadi tamu kehormatan dalam acara tersebut.

Kehadiran para wartawan senior dan pemred dari Indonesia tersebut atas undangan langsung dari Kementerian Penerangan, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia.

Selain menghadiri perayaan tersebut, rombongan juga sudah melakukan pertemuan dengan Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Rais Yatim, termasuk mengunjungi sejumlah media massa di Malaysia.

Para wartawan senior itu adalah Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA yang juga Ketua Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (Iswami) Saiful Hadi, Pemred Harian Jurnas juga Penasehat Iswami Asro Kamal Rokan, Kepala Pemberitaan Korporat Tempo Group Toriq Hadad, Ketua Dewan Kehormatan PWI Tarman Azzam, GM Internal Affair TVOne Totok Suyanto, CEO PT Padang Intermedia Zaili Asril.

Menurut Saiful Hadi, menghadiri acara tersebut merupakan bagian dari upaya Iswami untuk lebih mendekatkan hubungan diplomasi antarmasyarakat kedua negara.

"Ini merupakan yang pertama kali kami dari insan pers Indonesia diundang secara resmi untuk acara kenegaraan Malaysia," katanya.

Dalam rangkaian kegiatan ini, Rais Yatim pada pekan depan juga akan berkunjung ke Sumatera Barat guna lebih mendekatkan hubungan kedua negara serumpun, termasuk untuk mengunjungi tanah kelahiran keluarga Rais Yatim yang berasal dari Bukittinggi.

"Selain untuk bersilaturahim dengan masyarakat Minang, saya juga akan bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, dan ini merupakan pertemuan rutin antara kedua kementerian," katanya.

Sementara itu, dalam acara hari kemerdekaan Malaysia, sejumlah perwakilan negara asing yang ada di Malaysia juga tampak hadir di tribun tamu kehormatan.

Lebih dari 100 ribu orang memadati lapangan Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia untuk ikut memeriahkan perayaan tersebut. Mereka datang sejak pagi dan memadati ruas jalan di Dataran Merdeka sambil melambai-lambaikan bendera Malaysia.

Dalam acara tersebut juga tampak hadir Duli Yang Maha Mulia Sultan Mizan Zainal Abidin, mantan Perdana Menteri Tun Mahathir Muhamad, Perdana Menteri Najib Tun Razak, Wakil Perdana Menteri Muhyiddin Yasin dan jajaran menteri dalam kabinet Pemerintahan Malaysia.
(N004/A011

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011