Jambi (ANTARA News) - Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan ke Jambi akan menyerahkan langsung bantuan tiga kapal ikan untuk nelayan setempat.

Menurut Gubernur Jambi Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat, bantuan tiga kapal ikan dari Presiden ini diberikan melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Di samping kapal ikan, lanjutnya, ada juga penyerahan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika berupa 50 unit mobil penerangan, dan bantuan 10 ton beras bagi Provinsi Jambi.

Gubernur mengungkapkan, kedatangan Presiden akan membawa dampak positif bagi masyarakat Jambi. Itulah yang kami harapkan. Yang jelas dalam bentuk bantuan," katanya.

Sebelumnya Gubernur mengatakan Kementerian Perumahan Rakyat akan membantu pembangunan 5.000 rumah di Jambi hingga 2014.

"Saya menemui Menteri Perumahan Rakyat berkaitan dengan bedah rumah. Ternyata beliau akan membantu masyarakat sangat miskin. Nanti sampai 2014 dijanjikan 5.000 rumah," jelasnya.

Gubernur mengungkapkan untuk tahun pertama yakni 2011 akan dibangun sebanyak 1.250 unit rumah.

Hingga akhir jabatan Presiden, tambahnya, Kementerian Perumahan Rakyat akan membantu rumah murah hingga 5.000 unit. Biaya pembuatan rumah, fasiltas umum berupa listrik dan air secara keseluruhan ditanggung pemerintah pusat.

Pihak pemerintah daerah hanya diminta menyediakan tanah. "Kami sedang mengkaji," jelasnya.

Gubenur menjelaskan rumah-rumah ini selain diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu, juga akan diperuntukkan bagi pegawai negeri di Provinsi Jambi.

Gubernur mengungkapkan pembangunan rumah murah ini diprioritaskan untuk pegawai negeri sipil golongan I dan II.

"Itu sudah ada ancang-ancang. Kami sudah mengiyakan. Nanti kami tawarkan kepada masing-masing kabupaten/kota si seluruh Provinsi Jambi," katanya.
(T.KR-YJ/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011