Sungailiat (ANTARA) - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyalurkan 25 unit kapal penangkapan ikan bagi nelayan di Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

"Saya berharap bantuan kapal penangkapan ikan dapat dimanfaatkan optimal oleh nelayan, sehingga kesejahteraan penerima bantuan bisa meningkat," kata Tri Rismaharini di Sungailiat, Selasa.

Baca juga: Kubu Raya dapat bantuan 20 kapal penangkap ikan

Kapal penangkapan ikan berbobot lima gros ton (GT) dilengkapi dengan fasilitas teknologi Global Positioning System (GPS) serta peralatan yang lain.

Bahkan, kata dia, pihaknya tengah memesan alat berteknologi tinggi untuk mengundang ikan yang saat ini dikembangkan oleh mahasiswa perguruan tinggi telekomunikasi.

"Alat yang sudah diuji itu akan saya salurkan kembali ke nelayan penerima bantuan kapal penangkapan guna melengkapi sarana penangkapan," ujarnya.

Tri Rismaharini menginginkan nelayan tradisional penerima manfaat kapal penangkapan ikan ke depannya lebih maju dan berkembang dan melarang bantuan tersebut dijual belikan.

Baca juga: KKP tertibkan 10 kapal ikan Indonesia pelanggar ketentuan

Baca juga: KKP tangkap kapal illegal fishing berbendera Malaysia


"Kami akan mengevaluasi secara berkala bantuan yang sudah disalurkan itu untuk mengetahui perkembangan manfaatnya terhadap peningkatan kesejahteraan," ucap Risma.

Selain 25 kapal penangkapan ikan yang disalurkan bagi nelayan di Kabupaten Bangka yang tersebar di Kecamatan Sungailiat dan Kecamatan Belinyu, terdata sebanyak 26 unit kapal penangkapan ikan dengan jenis dan kapasitas yang sama juga disalurkan bagi nelayan Kabupaten Bangka Selatan.

Pewarta: Kasmono
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023