Tanah Bumbu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membangun rumah tahfidz (penghapal Al Quran) di setiap desa guna mewujudkan "Bumi Bersujud" menyerupai Kota Madinah.

Bupati Tanah Bumbu H Zairullah Azhar, Senin, mengatakan Pemda telah bekerja sama dengan perusahaan untuk membangun rumah tahfidz di seluruh desa sebagai sarana dan menjadi motor penggerak pengembangan generasi muda Islam yang berkualitas dan berakhlak mulia.

"Pada November 2021, kami telah meresmikan rumah tahfidz di Dusun Dermaga Desa Sebamban Baru Kecamatan Sungai Loban," ujarnya.

Targetnya, setiap desa di Tanah Bumbu memiliki sarana rumah tahfidz sehingga, seluruh anak-anak dapat belajar dan menghafal kitab suci Al Quran di desanya masing-masing.

Baca juga: Sumsel dorong pertumbuhan rumah tahfidz entaskan buta aksara Al Quran

Baca juga: Pemuda disabilitas netra di Limapuluh Kota dirikan enam pondok tahfidz


Bupati memimpikan daerah yang yang berjulukan "Bumi Bersujud" dapat menyerupai Kota Madinah dari segi ekonomi.

"Madinah adalah kota yang memiliki penghasilan ekonomi yang tinggi, kemiskinan dan pengangguran sangat sedikit bahkan kota tersebut sangat aman untuk dikunjungi warga dari negara manapun, Dari tiga aspek itulah kita ingin Tanah Bumbu dapat menyerupai Kota Madinah," kata Zairullah.

Dia juga meminta kepada seluruh warga Tanah Bumbu turut mendoakan pemerintah daerah agar dimudahkan dalam mewujudkan program "Serambi Madinah".

Ia mengatakan langkah awal untuk menuju program tersebut adalah dengan menyiapkan dan meningkatkan sumber daya masyarakat untuk mencintai dan mengamalkan isi kitab suci Al Qur'an.*

Baca juga: Menparekraf dukung rumah tahfidz sebagai pilar ekonomi umat

Baca juga: 41 santri di Singkawang-Kalbar terkonfirmasi positif COVID-19

Pewarta: Imam Hanafi/sujud mariono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022