Jakarta (ANTARA) - Anda termasuk penonton yang menyukai serial drama Korea "Juvenile Justice" yang bercerita tentang hakim di pengadilan remaja?

Tema tersebut bisa dipelajari lebih jauh dalam Seri Kuliah Umum Humaniora yang digelar Korean Cultural Center Indonesia. Mengambil tema Pengadilan Anak dan Kesempatan Baru, kuliah umum yang diadakan pada 19 dan 26 Maret 2022 ini mengangkat topik sistem pengadilan anak di Korea.

"Kuliah ini diadakan dalam rangka membantu pemahaman masyarakat Indonesia terhadap konten serial Netflix yang sedang populer akhir-akhir ini, yaitu serial drama 'Juvenile Justice'," kata Korean Cultura. Center Indonesia dalam keterangan resmi, Rabu.

Kuliah umum ini akan menghadirkan Prof. Han Young-sun, seorang ahli hukum anak dan mantan kepala Seoul Juvenile Training School, Korea Selatan. Bersama Prof. Han Young-sun, KCC Indonesia akan memperkenalkan kasus kejahatan anak serta isu-isu nyata yang muncul di Korea Selatan seputar hukum dan pengadilan anak.

"Diharapkan dengan diselenggarakannya kuliah umum ini, masyarakat Indonesia dapat lebih memahami isi drama ‘Juvenile Justice‘ dan mengenal sistem pengadilan anak Korea lebih baik lagi."

Pada sesi kuliah umum, registrasi dilakukan secara daring di laman resmi, ini juga akan diperkenalkan kasus perdebatan mengenai revisi undang-undang hukum remaja Korea (Amendments to the Juvenile Act of Korea). Kuliah umum ini akan memaparkan upaya masyarakat Korea untuk mencegah kejahatan dan menciptakan masyarakat yang aman.

Dalam wawancara dengan Yonhap beberapa waktu lalu, aktris kawakan Korea Selatan Kim Hye-soo berharap drama terbarunya, "Juvenile Justice", bisa memantik diskusi sosial tentang isu kontroversial mengenai kriminalitas remaja.

Serial yang tayang di Netflix berkisah tentang lima kejahatan yang dilakukan anak usia di bawah 14 tahun, yang dibebaskan dari tanggung jawab kriminal. Kasus diangkat dari kejadian nyata yang pernah diperbincangkan di Korea.

"Saya suka kisah ini karena mengangkat tema yang masyarakat kita sedang hadapi," kata aktris itu. "Gagasan utama dari proyek ini sangat serius dan saya merasa punya tanggung jawab lebih besar untuk karakter yang saya perankan dibandingkan sebelumnya.

Kim berperan sebagai hakim Eun-seok yang dikenal antagonis dan berpikir siapa pun harus bertanggung jawab atas kejahatan tak peduli berapa usianya. Dia menjaga jarak dan bersikap dingin di depan pelaku remaja dan tak membiarkan penilaiannya terpengaruh sisi emosional.

Baca juga: "Juvenile Justice" puncaki peringkat mingguan Netflix

Baca juga: Kim Hye-soo harap "Juvenile Justice"picu diskusi kriminalitas remaja

Baca juga: Sutradara sebut "Juvenile Justice" angkat isu mendasar di masyarakat

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022