Puan akan memimpin semua sesi pertemuan IPU.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute Karyono Wibowo menilai pelaksanaan Kongres Parlemen Sedunia (IPU) Ke-144 di Bali merupakan kesempatan penting bagi Ketua DPR RI Puan Maharani menunjukkan kualitasnya di forum internasional.

"Forum IPU Ke-144 adalah langkah positif bagi Ketua DPR RI Puan Maharani menunjukkan kualitasnya. Ini momen yang sangat strategis bagi Puan Maharani," kata Karyono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, momen IPU di Bali merupakan momentum bagi Puan yang merupakan Ketua DPR RI perempuan pertama untuk mengenalkan Indonesia di forum tersebut.

Karyono menilai Puan harus mengambil peran-peran strategis untuk tampil di forum nasional maupun internasional untuk menunjukkan kualitasnya.

"Ini harus dimanfaatkan dengan baik di forum parlemen dunia, bagaimana keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi, kemudian pemulihan ekonomi dan sebagainya," ujarnya.

Ia menekankan bahwa IPU Ke-144 merupakan menjadi momentum bagi Indonesia untuk menyampaikan kepentingan nasional di tingkat internasional.

Sebelumnya, DPR RI menjadi tuan rumah pelaksanaan Kongres Parlemen Sedunia (IPU) Ke-144 pada tanggal 20—24 Maret 2022 di Nusa Dua, Bali. IPU Ke-144 tersebut mengusung tema Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change.

Ketua DPR Puan Maharani akan memimpin delegasi DPR RI di sidang IPU tersebut. Puan juga akan memimpin semua sesi pertemuan IPU.

Baca juga: Anggota DPR: Perubahan iklim sangat tepat dibahas di IPU

Baca juga: Anggota DPR: IPU momentum Indonesia dorong perdamaian dunia

Baca juga: Ketua DPR pastikan 115 negara hadiri IPU Ke-144 di Bali

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022