Awal saya menjabat tidak punya APBD dan mendapat warisan utang yang banyak.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menyatakan kesiapannya berkolaborasi dengan memberikan dukungan program kerja Bupati Jember Hendy Siswanto untuk mewujudkan kemajuan di daerah ini.

"Saya minta kepada anggota legislator dari PAN untuk mendukung program-program Bupati Hendy agar 2,6 juta jiwa penduduk Jember sejahtera dan tentu yang dari pusat juga kami akan bantu," kata pria yang akrab disapa Zulhas itu saat berkunjung di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Jawa Timur, Rabu.

Menurut dia, banyak potensi yang luar biasa hanya dimiliki Kabupaten Jember dan tentunya dengan potensi tersebut maka daerah ini harus lebih baik lagi dalam berbagai sektor.

"Saya sudah mengunjungi beberapa tempat di Jember yang luar biasa. Ada kopi, cokelat, edamame, dan cerutu. Saat berkunjung di Dusun Ungkalan, disuguhi semangka yang besar dan manis ditanam di sela-sela pohon jati di hutan," tuturnya.

Ia juga meminta anggota legislator untuk melakukan komunikasi yang baik dengan bupati sehingga permasalahan tidak langsung muncul di media, tetapi berbicara langsung kepada bupati dan perlu menerapkan politik tanpa gaduh.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan harmonisasi antara eksekutif dan legislatif setelah 5 tahun sebelumnya terjadi banyak gesekan.

"Alhamdulillah, awal saya menjabat tidak punya APBD dan mendapat warisan utang yang banyak. Namun, berkat hubungan harmonis eksekutif dan legislatif dalam waktu yang cukup singkat dapat membalikkan itu semua dan berhasil mengesahkan APBD," katanya.

Pada tahun pertama memimpin Jember, kata dia, memang fokus pada penataan birokrasi, kemudian program kerja yang sesungguhnya pada tahun 2022.

"Kami berharap dukungan dari Bang Zulhas dalam upaya memajukan Kabupaten Jember. Program prioritas kami selain infrastruktur yang saat ini sedang dikebut, juga fokus pada pengentasan masyarakat dari kemiskinan," ujarnya.

Hendy mengatakan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan PAN karena tidak mungkin bekerja sendirian.

Diharapkan pula dukungan dari Ketua Umum PAN yang juga Wakil Ketua MPR RI terkait dengan apa yang bisa dimanfaatkan dari pusat untuk Jember agar diprioritaskan.

Baca juga: PAN bantah Zulkifli temui Presiden Jokowi

Baca juga: Wakil Ketua MPR ajak masyarakat perkuat persaudaraan untuk pembangunan

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022