Pada Jumat (18/3/2022) pukul 14.00 WIB, Komisi XI DPR akan melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan kepada enam calon anggota BPK lainnya
Jakarta (ANTARA) - Komisi XI DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bagi calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2022-2027 di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

"Bapak akan mengikuti uji kelayakan di hadapan yang terhormat Bapak/Ibu Komisi XI. Apa yang Bapak sampaikan pada kesempatan ini akan menjadi bagian dari pertimbangan kami dalam mengambil keputusan," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie selaku pimpinan uji kepatutan dan kelayakan kepada calon anggota BPK.

Dolfie meminta para calon anggota BPK memanfaatkan kesempatan tersebut secara efektif.

Setiap peserta diberikan waktu 30 menit dengan 15 menit pertama digunakan untuk memaparkan gagasan dan 15 menit kedua digunakan untuk mendengar dan merespons tanggapan dari anggota Komisi XI DPR RI.

"Pada 15 menit pertama pemaparan yang difokuskan kepada dua hal, pertama mengapa Bapak layak menjadi anggota BPK dan kedua apa yang akan dilakukan sebagai anggota BPK untuk meningkatkan kinerja BPK," jelas Dolfie.

Peserta pertama yang melakukan uji kelayakan dan kepatutan adalah Priyono Dwi Nugroho, yang dimulai sekitar pukul 13.15 WIB, kemudian pukul 13.50 WIB Osbal Saragi Rumahorbo, serta Haeruh Saleh dan Isma Yatun yang selesai pada pukul 15.55 WIB.

Uji kelayakan dilanjutkan empat calon anggota lainnya yakni Dori Santosa, Moza Pandawa Sakti, Yves S Palambang, dan Kukuh Prionggo yang berakhir pada pukul 18.00 WIB.

"Dengan mengucap syukur atas rahmat dan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa maka RDP ini kami tutup," kata Dolfie mengakhiri uji kepatutan dan kelayakan hari pertama.

Adapun pada Jumat (18/3/2022) pukul 14.00 WIB, Komisi XI DPR akan melanjutkan uji kelayakan dan kepatutan kepada enam calon anggota BPK lainnya yakni Syafri Adnan Baharudin, Dadang Suwanda, Adrin Guntura, Firmansyah, Rachmat Manggala Purba, dan Blucer W Rajagukguk.

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan rapat internal Komisi XI DPR RI untuk mengambil keputusan atas calon anggota BPK.

Baca juga: BPK serahkan sertifikat pemeriksa keuangan negara bagi inspektur Polri
Baca juga: Paripurna DPD sahkan rekomendasi Calon Anggota BPK RI 2022-2027
Baca juga: DPD uji kepatutan dan kelayakan calon anggota BPK RI 2022-2027


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022