Denpasar (ANTARA News) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak para pelaku pariwisata di Pulau Dewata agar terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pembangunan kepariwisataan di Bali.

"Supaya objek pariwisata dapat terus berkembang, dibutuhkan kreativitas dan inovasi khususnya dari para pemangku kepentingan di bidang pariwisata," kata Gubernur Pastika.

Ia menyampaikan hal tersebut saat menyampaikan sambutan dalam acara pengukuhan pengurus Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali periode 2011-2016.

Menurutnya, kreativitas dan inovasi sangat penting dilakukan. "Jangan sampai wisatawan menjadi bosan dan akhirnya enggan berkunjung lagi ke Bali jika objek dan fasilitas pariwisata yang ada hanya itu-itu saja. Terlebih kondisi Bali saat ini berada di tengah ketatnya kompetisi dengan destinasi wisata lainnya," ucapnya.

Dicontohkan tentang atraksi tari Barong, kata dia, wisatawan menyaksikan atraksi tersebut paling banyak hanya dua kali. Pertama, karena tertarik diajak teman yang berwisata ke Bali dan yang kedua kalinya dia datang untuk mengajak teman yang lainnya.

"Oleh karena itu, perlu terus dikembangkan hal-hal lain sebagai alternatif pilihan yang dapat menarik wisatawan," katanya.

Jika sudah demikian, lanjutnya, kepariwisataan Bali dapat menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Pariwisata menjadi benar-benar untuk Bali. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011