Kami meyakini Kota Denpasar akan menjalankan perkembangan yang baik, terutama dalam pendidikan, pariwisata dan juga teknologi informasi.
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Bali dan Pemerintah Inggris membahas penjajakan kerja sama di bidang pariwisata dan teknologi informasi sebagai upaya untuk lebih memajukan daerah setempat.

"Peningkatan pada dua sektor itu tentu harus diimbangi pula dengan peningkatan kualitas SDM, seperti kemampuan bahasa, dan juga keahlian dalam bidang teknologi informasi," kata Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, di Denpasar, Kamis.

Alit Wiradana dalam pertemuan dengan Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia Matthew Downing menyampaikan selain membahas kerja sama di bidang pariwisata dan teknologi informasi, juga terkait pengembangan kemampuan bahasa Inggris bagi masyarakat Kota Denpasar.

Pada pembahasan itu, juga dipaparkan mengenai kemungkinan kerja sama sister city (kota kembar) antara Kota Denpasar dengan Bournemouth, Christchurch dan Poole (BCP), sebuah wilayah otoritas kesatuan di daerah seremonial Dorset, Inggris.

"Penjajakan kerja sama dengan otoritas BCP terutama yang berkaitan dengan bidang pariwisata dan juga teknologi informasi, diharapkan dapat menjadi injeksi untuk Kota Denpasar yang tengah melalui pengembangan di dua sektor tersebut," ujarnya.

Alit Wiradana merasa optimis, kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan Pemerintah Inggris telah membawa kemanfaatan bagi Kota Denpasar berupa peningkatan kemampuan bahasa Inggris bagi anak-anak panti asuhan oleh Cambridge University and Press Assessment, dan sebagainya.

Wakil Dubes Inggris Untuk Indonesia Matthew Downing menyampaikan Pemerintah Inggris memiliki ketertarikan tinggi terhadap pengembangan berbagai sektor di Kota Denpasar, antara lain bidang pendidikan, pariwisata, lingkungan dan lainnya.

"Kami meyakini Kota Denpasar akan menjalankan perkembangan yang baik, terutama dalam pendidikan, pariwisata dan juga teknologi informasi," katanya pula.

Ia menambahkan, wilayah Bournemouth memiliki sebuah institusi pendidikan yang mempunyai keunggulan pada teknologi informasi. Pihaknya berharap hal ini akan membantu Kota Denpasar dalam pengembangan bidang smart city (kota cerdas)

Matthew Downing juga menawarkan kemungkinan kerja sama untuk penyelenggaraan tes bahasa Inggris bagi masyarakat Kota Denpasar.

Melalui tes ini selain dapat mengukur kemampuan berbahasa, kata dia lagi, juga akan memudahkan para penyedia lapangan pekerjaan di Kota Denpasar untuk menjaring para pelamar berkualitas.
Baca juga: Pemkot Denpasar-Kota Darwin kerja sama promosi ekonomi kreatif
Baca juga: KJRI Cape Town fasilitasi kerja sama Sister City Denpasar-Mossel Bay

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024