Denpasar (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Anak Agung Ayu Agung Candrawati mengatakan puskesmas di Ibu Kota Provinsi Bali itu tetap membuka layanan seperti biasa saat cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Total ada 11 puskesmas di Denpasar yang tersebar di empat kecamatan. Saat cuti bersama Idul Fitri, pelayanan dibuka seperti biasa," kata Candrawati di Denpasar, Minggu.

Ia mengemukakan, pelayanan puskesmas selama cuti bersama Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 8, 9, 12, 13, dan 15 April 2024 tetap buka seperti biasa.

Baca juga: Layanan kegawatdaruratan Denpasar tetap buka saat cuti bersama Lebaran

Sedangkan pelayanan puskesmas selama libur Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 10 dan 11 April 2024 hanya membuka layanan unit gawat darurat (UGD).

"Termasuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya juga tidak ada cuti bersama dan memberikan pelayanan seperti hari biasa," ujarnya.

Meskipun demikian, semua petugas kesehatan di puskesmas dan jajaran Dinas Kesehatan tetap siaga selama cuti bersama dan libur Lebaran karena juga memberikan pelayanan di sejumlah posko terpadu yang dibentuk di Kota Denpasar.

Baca juga: Dishub Denpasar dan tim gabungan bentuk empat posko terpadu Lebaran

Ada empat posko terpadu Lebaran 2024 di Kota Denpasar yakni Posko Terminal Ubung, Posko Uma Anyar, Posko Pelabuhan Serangan, dan Posko Pelabuhan Sanur.

Selain itu, ada juga tim Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang siaga 24 jam di tiga puskesmas di Kota Denpasar yakni Puskesmas Dentim 1, Puskemas Densel 4, dan Puskesmas Denbar 2.

"Petugas yang disiagakan di puskesmas ini untuk mengantisipasi kalau ada kejadian kegawatdaruratan yang berhubungan dengan kesehatan," ujar Candrawati.

Baca juga: BPBD Bali petakan jalur mudik berpotensi bahaya cuaca ekstrem

Tim SPGDT ini juga berkoordinasi dengan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar untuk memberikan pelayanan kegawatdaruratan dan pelayanan kesehatan.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024