Jakarta (ANTARA) - Shopee dan Pemerintah Kota Medan meresmikan Kampus UMKM Shopee di kota tersebut, menjadi kampus pertama di Pulau Sumatra dan ke-6 di Indonesia yang memberikan solusi komprehensif dari hulu ke hilir untuk perkembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

Menjadi bagian kelanjutan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kampus ini hadir untuk mendorong ekspansi bisnis para pelaku UMKM di Medan dan sekitarnya.

Kampus tersebut juga diharapkan dapat mempermudah akses peningkatan keterampilan digital UMKM lokal, yang akan membantu mereka memperluas jangkauan pasar ke seluruh Indonesia melalui ekosistem pasar yang modern.

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution turut meresmikan Kampus UMKM Shopee Medan yang dipercaya akan menjadi solusi nyata bagi UMKM di Medan dan sekitarnya.

“Saat ini pelaku UMKM di Kota Medan membutuhkan perhatian khusus, tentang bagaimana produk mereka bisa diketahui masyarakat dan konsumen dengan lebih memperhatikan packaging dan promosi, yang selama ini belum pernah dilakukan dan didapatkan ilmunya oleh mereka," ucap Bobby dalam rilis pers, dikutip Jumat.

Bobby berharap Shopee dapat menampung dan memberikan edukasi bagi pelaku UMKM yang telah atau akan membuat produk.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Shopee. Mudah-mudahan kegiatan yang kita lakukan diberkahi dan diridai, sehingga kebaikan yang kita lakukan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Medan untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM,” kata Bobby.

Baca juga: Talenta digital lokal di Sea Labs beri solusi teknologi bagi UMKM

Baca juga: Cerita Torch alami perkembangan setelah "hijrah" ke digital


Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto menegaskan komitmen #ShopeeAdauntukUMKM khususnya di Pulau Sumatra.

Dia mengatakan era digital membawa tantangan tersendiri bagi UMKM Indonesia, termasuk di Kota Medan. Oleh karena itu, Kampus UMKM Shopee hadir bertujuan untuk membawa solusi, dengan mendorong para pelaku UMKM di Medan dan sekitarnya, melalui sosialisasi, edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk dapat menghadapi tantangan di era digital saat ini.

"Secara jangka panjang, dengan kehadiran Kampus UMKM Shopee diharapkan para pelaku UMKM lebih memahami dan merasakan manfaat dari digitalisasi dan akhirnya dapat mengembangkan bisnis mereka secara optimal melalui ekosistem digital bersama kami," ucap Christin.

Kampus UMKM Shopee Medan yang berlokasi di Jl. Bambu 2 no. 80, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, memiliki berbagai fasilitas dan layanan untuk pelatihan dan pendampingan para UMKM lokal.

Seluruh fasilitas dan layanan tersedia gratis dan dapat digunakan seperti:

Edukasi bagi UMKM: Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh pelatih Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, bagaimana cara mengoptimalisasi sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee seperti Shopee Pinjam.

Pendampingan bisnis bagi UMKM: Pelatih Shopee disediakan sebagai perpanjangan tangan dari para pelaku UMKM dalam pendampingan bisnis terkait edukasi dan pelatihan mengenai administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis.

Para pelaku UMKM akan dibimbing agar secara efektif mengurus pembukuan yang sudah terdigitalisasi di aplikasi Shopee.

Studio Foto dan Live Streaming: Turut menunjang bisnis dari pelaku UMKM, Shopee menghadirkan fasilitas pendukung seperti ruangan training, ruangan rapat, studio foto, ruangan live streaming, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran.

“Harapan kami, semoga Kampus UMKM Shopee Medan ini dapat menjadi one-stop services bagi UMKM yang bersama-sama ingin mengembangkan bisnisnya dari offline ke ekosistem bisnis digital, sehingga dapat memperluas jangkauan bisnisnya ke seluruh Indonesia dan turut mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” pungkas Christin.

Bagi UMKM yang ingin bergabung dengan Kampus UMKM Shopee Medan, informasi lebih lanjut dan cara mendaftar dapat dilihat di https://seller.shopee.co.id/edu/article/6866.

Baca juga: Shopee bagikan tiga kisah perempuan inspiratif Indonesia

Baca juga: Monica Wijaya, perempuan di balik games viral Shopee yang mendunia

Baca juga: Shopee gelar kampanye 3.15 untuk sambut Hari Hak Konsumen Sedunia


 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022