Jakarta (ANTARA) - Merayakan Hari Perempuan Internasional, Shopee membagikan kisah inspiratif dari tiga sosok perempuan hebat. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kesempatan serta peluang semakin terbuka lebar bagi perempuan untuk terus berkarya.
 
Kini, tidak ada lagi limitasi maupun batas bagi seorang perempuan untuk dapat menggapai cita-cita serta keinginan yang mereka miliki. Berbekal ketekunan dan dukungan dari orang-orang terkasih serta lingkungan sekitar yang suportif dan positif, terciptalah banyak perempuan kuat Indonesia yang dapat kita jumpai hari ini, yang mampu meraih kesuksesan dalam segala hal yang sebelumnya tidak pernah mereka bayangkan bisa terjadi, seperti mengemban beberapa peran sekaligus dalam satu waktu menjadi seorang ibu, istri, pegawai hingga pengusaha.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, "Sejalan dengan kampanye Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen, dimana pengguna diajak untuk merayakan harimu, Shopee dengan bangga membagikan kisah inspiratif dari tiga perempuan hebat dalam rangkaian kemeriahan Hari Perempuan Internasional. Perempuan memiliki ragam peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, maka itu Shopee memiliki tujuan untuk mempermudah sekaligus mendukung seluruh pengguna salah satunya para perempuan hebat khususnya dalam menavigasi berbagai peran yang harus mereka jalani. Kami harap, cerita dari ketiga pebisnis perempuan ini dapat menginspirasi para perempuan lainnya di luar sana yang ingin mewujudkan potensi diri sendiri dan semakin berani untuk mencoba hal-hal baru. Selamat Hari Perempuan Internasional!”

Baca juga: Shopee dukung industri fesyen lewat kampanye "3.3 Fashion Sale"

Baca juga: Shopee jadi e-commerce terbanyak digunakan selama akhir 2021


Cerita dari Nurlisa, Seorang Mompreneur Dibalik Kesuksesan Toko Sepatu Trendy Wanita Nunulisatan

"Namaku Nurlisa, atau akrab disapa dengan Lisa. Aku seorang ibu, istri dan juga pengusaha. Aku suka menghabiskan waktu senggang dengan berkumpul bersama keluarga dan menonton drama korea atau membaca komik kesukaanku. Kesibukanku sehari-hari adalah mengurus anakku sembari mengembangkan bisnis toko sepatu online-ku di Shopee yaitu Nunulisatan. Bisnis ini aku mulai pada tahun 2016 dari keinginan hati yang tulus untuk membantu suami agar dapat memberikan yang terbaik untuk kebutuhan anak kami. Sebagai seorang mompreneur, berjualan secara online di Shopee memberikanku keluasan waktu bekerja sehingga tetap dapat menghabiskan waktu bersama dengan suami dan anakku sambil memantau toko dari rumah," ungkap Lisa.
 
Shopee bagikan tiga kisah perempuan inspiratif Indonesia di Hari Perempuan Internasional. (ANTARA/Shopee Indonesia)


Lisa mengakui Shopee mempunyai peran penting dalam menjalankan perannya sebagai seorang ibu dan juga pengusaha. Khususnya dalam perjalanan bisnis Nunulisatan, Shopee memiliki sistem berjualan yang mudah sehingga Nunulisatan bisa menjangkau pasar penjualan yang lebih luas. Tak hanya itu, sebagai salah satu pengguna loyal, Lisa merasa Shopee sangat membantu kesehariannya yang juga berperan sebagai seorang ibu di rumah.

Di tengah-tengah kesibukannya, Lisa tetap dapat memenuhi kebutuhan anak dan rumah tangganya seperti susu, mainan hingga buku hanya dengan belanja melalui aplikasi Shopee.

Lisa menambahkan dengan bangga, "Melalui jerih payahku, aku telah berhasil membelikan rumah bagi kedua orang tuaku. Aku merasa sangat beruntung karena kesuksesanku tak luput dari dukungan yang konstan dari suami dan keluargaku yang selalu siap siaga jika aku membutuhkan bantuan. Pesanku untuk para mompreneur hebat lainnya, jangan pernah takut untuk bermimpi yang besar. Nikmati perjalanannya dan yakin bahwa segala hal yang kita lakukan sedikit demi sedikit, akan membawa kita semakin dekat dalam mewujudkan mimpi kita."

Kisah Rizkya Ria, Superwoman yang Mengelola Toko Tasanyamanjogja Dari Produksi Hingga Pemasaran

Rizkya adalah seorang womanpreneur muda yang kini telah sukses mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya menjual, ia juga memberdayakan sejumlah pengrajin lokal sehingga berhasil menjadi produsen yang menghasilkan serangkaian produk kerajinan seperti dekorasi dan perlengkapan rumah, hingga aksesoris dan tas.

"Sekarang, seharian penuh dari Senin sampai Sabtu aku gunakan untuk mengurus toko sekaligus mengawasi proses produksi Tasanyamanjogja. Mulai dari mengelola akun di Shopee, menyediakan bahan produksi, cek kualitas finishing, sampai promosi toko di platform media sosial semua aku tangani sendiri. Meski begitu, aku juga tidak pernah lupa meluangkan waktu untuk quality time bersama orang-orang terdekatku. Biasanya, hari Minggu sengaja aku luangkan untuk berjalan-jalan bersama keluarga agar aku bisa melepas penat. Memang terkadang rasanya melelahkan, namun semuanya aku jalankan dengan tulus dan senang hati, karena adanya keluarga dan orang-orang tersayang yang selalu mendukung dan menjadi motivasi untukku,” kata Rizkya.

Bisnis Tasanyamanjogja milik Rizkya mulai ketika ia masih berusia 22 tahun. Menurut Rizkya, kehadiran Shopee dengan rangkaian kampanye dan inovasinya membuat pemasaran produk jadi lebih mudah dan sangat membantu perkembangan Tasanyamanjogja.
Shopee bagikan tiga kisah perempuan inspiratif Indonesia di Hari Perempuan Internasional. (ANTARA/Shopee Indonesia)


Tak hanya meringankan tugasnya sebagai seorang pebisnis, Shopee juga telah membantu Rizkya untuk melengkapi kebutuhannya sebagai konsumen, baik kebutuhan pribadi seperti produk kecantikan dan fashion, hingga kebutuhan rumah tangga melalui fitur membayar tagihan listrik dan membeli kuota internet.

Rizkya percaya bahwa para womenpreneur muda lain di luar sana juga memiliki potensi yang sama untuk meraih kesuksesan seperti dirinya, ia berpesan "Untuk pebisnis perempuan lain yang saat ini baru ingin memulai atau sedang mengembangkan bisnisnya, aku harap kalian semua tidak patah semangat, terus berusaha dan percaya bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Menurutku, sebagai seorang perempuan kita harus terus berjuang agar bisa menginspirasi generasi perempuan berikutnya di sekitar kita. Jangan lupa untuk ikut memberdayakan perempuan lain di sekitarmu, agar kita semua bisa maju bersama, ya!"

Baca juga: Cerita Torch alami perkembangan setelah "hijrah" ke digital

Cerita Ipah Syaripah, Ibu Rumah Tangga yang Tangguh Pemilik Usaha Tas Kamiyastuff

Kamiyastuff merupakan sebuah bisnis tas yang dimulai oleh seorang ibu rumah tangga bernama Ipah. Usaha ini didirikan karena keinginan Ipah untuk membantu keuangan keluarga tanpa harus mengurangi tanggung jawabnya sebagai seorang ibu rumah tangga. Selain memiliki peran yang penting di rumah, Ipah juga bangga dengan prestasi yang ia raih dalam karirnya, seperti mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitarnya melalui Kamiyastuff.

Ipah menceritakan, “Sebagai seorang ibu empat anak, bagiku mempunyai skala prioritas selalu menjadi kunci utama. Prioritas pertamaku sehari-harinya adalah menyelesaikan semua urusan rumah tangga. Untuk melepas penat, biasanya aku menjalankan salah satu hobiku yaitu membaca buku. Setelah itu, aku baru berfokus mengurusi pekerjaan sebagai seorang pengusaha pemilik Kamiyastuff. Sebisa mungkin aku harus bisa berlaku adil dalam memposisikan diriku agar dapat tercipta keseimbangan antara dua peran yang aku jalani.

Menurutku, aku termasuk perempuan yang beruntung karena aku selalu mendapatkan dukungan positif di setiap langkah yang aku jalani. Dukungan ini datang dari orang tua beserta suami dan juga kerabat-kerabat terdekat baik dari segi materi, waktu, tenaga hingga do’a yang mereka berikan untukku. Aku selalu mempunyai ambisi tersendiri untuk terus belajar menjadi entrepreneur yang lebih baik untuk kesuksesan Kamiyastuff. Dengan ini, aku percaya bahwa pada suatu saat nanti Kamiyastuff bisa menjadi sebuah merek yang dikenal dalam skala internasional."
 
Shopee bagikan tiga kisah perempuan inspiratif Indonesia di Hari Perempuan Internasional. (ANTARA/Shopee Indonesia)


Agar Kamiyastuff dapat lebih dikenal, Ipah akhirnya mulai mencoba merambah kanal digital untuk penjualan produk Kamiyastuff karena adanya kemudahan dalam mempromosikan produk.

Tak hanya sebagai penjual, Ipah juga kerap memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan Shopee untuk melengkapi kebutuhannya sebagai seorang ibu seperti perlengkapan rumah tangga hingga pakaian dan mainan untuk anak-anaknya.

“Aku ingin mengingatkan bagi para ibu lainnya di luar sana agar jangan pernah berkecil harapan. Dalam era digital seperti saat ini, banyak sekali peluang yang bisa kita manfaatkan untuk berkarya atau memulai bisnis dari rumah tanpa khawatir peran dan tanggung jawab kita sebagai seorang ibu akan terganggu. Percayalah bahwa jika kita bersungguh-sungguh dan telah mendapatkan dukungan dari orang orang terdekat kita, apapun yang kita usahakan bisa tercapai. Semangat terus untuk para perempuan hebat Indonesia!” seru Ipah dalam semangat Hari Perempuan Internasional.

Dalam menjalankan berbagai peran, ketiga sosok perempuan hebat ini tidak hanya memanfaatkan peluang yang dihadirkan oleh Shopee, tetapi juga rangkaian inovasi fitur yang memudahkan dan memberikan kesempatan untuk memperluas jangkauan produk mereka, salah satunya melalui kampanye Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen.

Pada kampanye Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen yang berlangsung hingga 15 Maret 2022, para pengguna berkesempatan untuk memenuhi kebutuhan serta mendukung produk usaha ketiga sosok perempuan hebat ini dengan mengunjungi tokonya dan berbelanja melalui aplikasi Shopee.

Terlebih, terdapat ragam promo belanja menarik lainnya seperti SPayLater1 Gratis Ongkir RP0, Voucher Toko 30% + Voucher Diskon 15% dan Murah Lebay Ekstra Diskon 10RB yang bisa pengguna manfaatkan untuk pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan menguntungkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen, silakan kunjungi https://shopee.co.id/m/3-15-hari-belanja-konsumen.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store, dan aktifkan ShopeePay untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman dan praktis.

Baca juga: Shopee gelar kampanye 3.15 untuk sambut Hari Hak Konsumen Sedunia

Baca juga: Induk perusahaan Shopee buka lab, latih 1.000 talenta digital lokal

Baca juga: Talenta digital lokal di Sea Labs beri solusi teknologi bagi UMKM

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022