Bukitinggi (ANTARA News) - Ketua Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (Iswami) Saiful Hadi mengemukakan media memiliki peran strategis dalam meningkatkan hubungan Indonesia dengan Malaysia.

Bila terjadi persoalan dalam hubungan kedua negara, maka peran media strategis dan menentukan dalam upaya turut menyelesaikan persoalan tersebut, kata dia di Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu.

Hal itu disampaikannya, pada pertemuan wartawan dan budayawan Malaysia-Indonesia yang berlangsung 23-26 di Gedung Tri Arga Bukittinggi.

Acara itu diikuti Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Dr Datok Sri Rais Yatim dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring serta wartawan dari kedua negara.

Menurut Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA tersebut, wartawan Malaysia dengan Indonesia harus memiliki kontak langsung agar dalam setiap pemberitaan menyangkut hubungan kedua negara bisa berimbang.

Apalagi kedua negara merupakan bangsa yang serumpun dan memiliki hubunga emosional yang sangat dekat, lanjut dia.

Kemudian, melalui pertemuan rutin antara wartawan dan budayawan hubungan baik kedua negara juga dapat ditingkatkan melalui kerjasama pada berbagai bidang yang potensial.

Salah satu kerjasama yang potensial untuk dijajaki adalah dalam bidang industri kreatif, kata dia.

Sebelumnya Iswami telah memfasilitasinya dengan mengundang 60 pengusaha kecil dan menengah Malaysia ke Bandung untuk menjajaki pemasaran produk yang dihasilkan.

Sementara Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Dr Datok Sri Rais Yatim mengatakan Malaysia dan Indonesia memiliki identiatas bersama berupaa budaya dan bahasa yang sama.

Kesamaan tersebut dapat lebih mempererat hubungan kedua negara selaian menggunakan jalur budaya, kata dia.

Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia didampingi istri dan sejumlah ketua pengarah serta 40 jurnalis dari negeri jiran itu berkunjung ke SUmatera Barat dalam rangka membangun hubungan silaturrahim pada 23-25 September 2011.

Pada kesempatan itu dilaksanakan seminar tentang media dan budaya yang menampilkan pembicara dari kedua negara.

Rombongan Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia juga dijadwalkan mengunjungi sejumlah daerah tujuan wisata di Sumatera Barat, di antaranya Padangpanjang, Agam, Bukittinggi, Payakumbuh, Pesisir Selatan dan Kota Sawahlunto.
(T.KR-IWY/M019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011