Kami menerima laporan bahwa helikopter tersebut hilang saat penerbangan dari dan ke area kamp Newmont,"
Sumbawa Barat, NTB (ANTARA News) - PT Newmont Nusa Tenggara, perusahaan tambang emas dan tembaga di Sumbawa Barat, menyatakan tim SAR pada Senin  terus mencari helikopter yang hilang kontak sejak Minggu (25/9) pukul 13.42 WITA.

Manager Public Relations PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) Rubi Purnomo mengatakan helikopter itu kehilangan kontak saat terbang dari kamp Newmont di blok Elang menuju Lamurung di Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa.

"Kami menerima laporan bahwa helikopter tersebut hilang saat penerbangan dari dan ke area kamp Newmont," katanya.

Newmont tengah mengeksplorasi blok Elang Dodo di Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa, sekitar 75 kilometer dari Kota Sumbawa Besar.

Rubi mengatakan petugas di area pendaratan helikopter melaporkan kontak terakhir berlangsung sekitar pukul 13.42 wita, setelah itu kehilangan kontak. "Helikopter itu membawa tiga penumpang, masing-masing seorang pilot dan dua karyawan," katanya.

Manajemen Newmont saat ini masih menunggu informasi lanjutan mengenai keberadaan helikopter yang disewa PT Newmont Nusa Tenggara tersebut, serta terus melakukan pencarian dan penyelamatan.

Newmont dalam menjalankan operasinya rutin menggunakan dua lokasi pendaratan helikopter di kawasan itu untuk mengangkut karyawan dan logistik. Jarak penerbangan antara dua lokasi pendaratan tersebut bisa ditempuh sekitar 20 menit.
(ANT-231)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011