Ambon (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dijadwalkan akan meresmikan tiga bendungan yakni bendungan Waigeren, Waimatakabo dan Waisamal di Ambon, ibu kota provinsi Maluku tahun 2012.

"Peresmian ketiga bendungan itu nantinya akan dilakukan oleh Presiden SBY bersamaan dengan pembukaan MTQ tingkat nasional XXIV yang dijadwalkan berlangsung di Ambon 6 Juni 2012," kata Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu di Ambon, Rabu.

Bendungan Waigeren terletak di kecamatan Wayapo kabupaten pulau Buru sedangkan Waimatakabo dan Waisamal di kecamatan Seram Utara kabupaten Maluku Tengah.

Ia mengatakan, dengan diresmikannya ketiga bendungan itu akan mendorong percepatan swasembada beras di daerah ini, karena Pulau Buru dan Seram diprogramkan untuk menjadi sentra lumbung beras bagi Maluku dan kawasan Indonesia Timur.

"Pemerintah Provinsi Maluku menyiapkan Pulau Buru dan Seram sebagai daerah swasembada beras untuk mengantisipasi kerawanan sekaligus memperkuat ketahanan pangan lokal di daerah ini termasuk kawasan Indonesia bagian timur, katanya.

Menurut Gubernur pembagunan ketiga bendungan tersebut saat ini hampir rampung dan dipastikan selesai pertengahan tahun 2012.

Pemprov berencana membuka sawah baru hingga mencapai 20 ribu hektare (ha) dari 15 ribu hektar sawah yang saat ini terdapat di Pulau Buru dan Seram.

"Sampai dengan saat ini kita baru memiliki 14.250 ha sawah irigasi, yakni 5.222 ha di Pulau Buru dan 9.028 ha di Pulau Seram. Selain itu, ada sawah tadah hujan seluas 1.468 ha," katanya.
(KR-IVA)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011