London (ANTARA News) - iPad Apple menguasai 80 persen pasar komputer tablet di Amerika Serikat dan Kanada dari April hingga Juli, demikian menurut sebuah laporan.

Menurut kelompok penelitian Strategy Analytics, dari 7,5 juta tablet yang dikirim ke Amerika Utara pada kuartal kedua 2011, 6 juta diantaranya adalah iPad. Hal tersebut menjadikan Apple sebagai pemimpin pasar komputer tablet.

Strategy Analytics manambahkan bahwa Amazon yang akan meluncurkan produk komputer tabletnya pekan ini dapat menjadi saingan berat Apple.
    
"Apple tetap memimpin jauh di depan lawan-lawannya seperti Motorola, Samsung, RIM, Asus dan HTC," kata peneliti senior Strategic Analytic Alex Spektor seperti dikutip oleh BBC.
    
Perpaduan dari merek bagus, perangkat keras yang mudah digunakan, layanan hiburan dan distribusi penjualan yang jelas telah membuat Apple menjadi pemimpin pasar yang kuat, kata Spektor.
    
Sementara Amazon dikabarkan akan meluncurkan produk komputer tablet terbarunya pada Rabu.

"Dari segi harga, ukuran layar dan desain perangkat kerasnya, Amazon dapat menjadi salah satu penantang utama dominasi Apple," kata Direktur Strategic Analytic Neil Mawston.
    
Menurut Mawston, Amazon mempunyai nama yang kuat seperti Apple, konten yang menarik, sistem penagihan yang bagus, dan jaringan distribusi yang luas.
    
"Sebenarnya, produk terbaru Amazon menggambarkan peluang yang bagus untuk memasarkan produknya ke para konsumen di Amerika, selain menawarkan akses yang dioptimalkan untuk membeli konten digital atau produk fisik dari toko online Amazon," kata Mawston.
    
Popularitas Apple iPhone terus meningkat dibalik ketidakmampuannya dalam penggunaan Adobe Flash Player sehingga pengguna iPhone tidak dapat melihat video-video secara online.
    
Saingan Apple seperti Samsung dengan cekatan mengambil peluang dengan menyebutkan dalam iklannya bahwa produk komputer tablet mereka mendukung penggunaan Flash.
    
Apple dan Samsung, yang membuat berbagai komputer tablet seri Galaxy, juga masih berselisih tentang sejumlah hak paten.
    
Apple menolak untuk berkomentar terhadap laporan yang mengatakan perusahaan tersebut memotong pesanan suku cadang iPad dari para pemasok dikarenakan penjualan yang turun.
    
Penelitian yang dilakukan oleh pakar dari Bank US JP Morgan Chase menunjukkan beberapa pemasok mengindikasikan bahwa Apple mengurangi pesanannya sebanyak 25 persen.
    
iPad pertama kali diluncurkan April 2010 dan seri keduanya, iPad 2, diluncurkan Maret tahun ini.

(SDP-04)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011