Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, mulai menjalani latihan secara intensif di Australia untuk persiapan pertarungan perebutan gelar ke-15 kalinya.

Istri Chris John, Anna Maria Megawati, ketika dihubungi di Semarang, Rabu, mengatakan, sudah sepekan ini suaminya berlatih secara intensif di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia.

"Kalau latihannya sudah intensif di Australia kemungkinan sudah ada kabar baik untuk waktu, calon lawan, dan tempat pertarungan mendatang," kata mantan atlet wushu Jawa Tengah tersebut.

Hanya saja, kata ibu dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut, dirinya belum tahu persis kapan dan di mana pertarungan itu akan berlangsung karena yang diketahui sampai dengan saat ini masih terus melakukan proses negosiasi.

Menurut dia, semula rencana bertarung pada Oktober 2011 di Singapura tetapi batal kemudian akhir November 2011 juga batal, demikian juga 30 Desember 2011.

Ketika ditanya soal tawaran naik ring di Australia atau Jepang yang diutarakan Chris John beberapa waktu lalu, dia mengatakan, kalau di Jepang kemungkinannya sangat kecil karena pada akhir Desember mendatang sedang musim dingin.

"Saya kira pelatih sekaligus manajer Chris John, Craig Christian, tidak akan memilih Jepang karena risikonya besar mengingat di sana sedang musim dingin," katanya.

Asisten Manajer Herry`s Gym, Toni Priatna, mengatakan, sepengetahuan dirinya, Chris John memang akan naik ring malam Tahun Baru 2012 tetapi tidak jadi.

"Saya belum tahu persis perkembangannya karena pertarungan pada malam tahun baru mendatang `dicancel`," katanya.

Petinju dengan julukan The Dragon tersebut terakhir mempertahankan gelar ketika menang angka atas petinju Kalimantan Barat, Daud Yordan, di Jakarta, 17 April 2011.

Pertarungan melawan Yordan tersebut merupakan pertarungan ke-14 dalam rangka mempertahankan gelar yang direbut saat mengalahkan petinju Kolombia, Oscar Leon, di Bali, pada 2003.

Dari 14 kali pertarungan mempertahankan gelar tersebut, lima kali dijalani Chris John melalui tarung wajib atau "mandatory fight" dan terakhir saat menang angka atas petinju tuan rumah, Hiroyuki Enoki, di Tokyo, Jepang, 24 Oktober 2008.

Sembilan kali dijalani melalui tarung pilihan dan di antaranya dua kali melawan Rocky Juarez, di Amerika Serikat.

(H015/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011