Mataram (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Lombok Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Wirasto Adi Nugroho memastikan aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat, usai perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022, terpantau aman.

"Meskipun terjadi kepadatan arus penyeberangan, tetapi kami pastikan tidak ada kecelakaan dan konflik antarpengguna jalan. Semua terlayani dengan baik," kata Wirasto dikutip melalui keterangan tertulisnya, Selasa.

Untuk situasi terkini, hari kedua pasca gelaran balap motor kelas dunia yang terlaksana tiga hari mulai 18-20 Maret 2022, di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, dia melaporkan bahwa arus penyeberangan di areal Pelabuhan Lembar sudah mulai renggang.

Baca juga: Perempuan di balik suksesnya pengamanan MotoGP Mandalika

Bahkan antrean kendaraan di koridor pergerakan penonton MotoGP itu, jelasnya, kini didominasi oleh kendaraan angkut logistik.

"Jadi, tidak ada lagi kendaraan truk logistik yang parkir di sepanjang jalur menuju Pelabuhan Lembar, termasuk kantong-kantong parkir sementara, itu sudah kosong semua," ujarnya.

Hal yang sama juga terpantau di sepanjang jalur kendaraan menuju terminal penumpang di kawasan Gili Mas, yang lokasinya berdampingan dengan Pelabuhan Lembar.

Situasi demikian terpantau mulai pukul 04.15. Arus kendaraan di jalur utama menuju pelabuhan juga dipastikan Wirasto, sudah mulai lancar. Tidak ada lagi potensi kemacetan seperti yang terpantau, Senin (21/3).

"Alhamdulillah, jadi diperkirakan penonton MotoGP hampir seluruhnya sudah menyeberang, baik yang menuju pulau Bali maupun Pulau Jawa," ucap dia.

Meskipun situasinya sudah renggang, namun Wirasto menegaskan bahwa pihaknya akan tetap melakukan pengamanan guna mengantisipasi pergerakan penonton MotoGP maupun pengunjung lainnya yang masih bertahan di Pulau Lombok.

"Terkait dengan adanya kemungkinan pengunjung yang masih menikmati liburan atau wisata di Pulau Lombok. Tentunya situasi ini akan tetap menjadi perhatian kami," katanya.

Lebih lanjut, Wirasto menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat yang telah memberi dukungan kepada kepolisian dalam menjalankan tugas pengamanan sehingga perhelatan perdana dari balap motor kelas dunia ini berjalan aman dan lancar.

Baca juga: BPTD Bali catat peningkatan arus balik pasca MotoGP mulai hari ini
Baca juga: Perempuan di balik suksesnya pengamanan MotoGP Mandalika
Baca juga: Prediksi masa depan pariwisata Lombok usai gelaran MotoGP Mandalika

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022