Jakarta (ANTARA) - Pengusaha Sandiaga Uno bersama Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) mengajak warga berbudidaya lele dalam ember (budikdamber) melalui program "Juragan Lele Lalap"  untuk membuka lapangan kerja.

Pernyataan itu ia sampaikan saat memberikan bantuan benih lele di lapangan Yayasan Al-Asyirotus Syafiiyyah Assaidiyyah, Jalan Raya Penggilingan Pedaengan RT 04/08, Cakung, Jakarta Timur, Selasa.

Baca juga: Bertemu pebalap MotoGP, Sandiaga Uno pamer kuliner khas Indonesia

"Ini kami lakukan karena untuk kebangkitan ekonomi. Inilah lapangan kerja kita ciptakan dengan juragan lele dan juragan lalap," kata Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa.

Sandiaga memberikan bantuan berupa 200 unit ember, 10 ribu benih ikan lele hingga 1.600 lubang tanam kangkung beserta benih. Selain itu, ada juga bantuan 800 kilogram pakan lele dan pelatihan, serta pendampingan.

"Jadi bukan hanya dapat lele, tapi juga dapat sayurnya serta ke depan 800 kilogram pakan ikan lele, bantuan pelatihan dan pendampingan hingga masa panen pertama," ujar Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga gulirkan program budidaya lele dalam ember di Petamburan

Sandiaga mengatakan kenaikan harga bahan pokok pada beberapa akhir ini harus ditanggapi dengan kewirausahaan yang dapat meningkatkan ekonomi warga.

"Bisa meningkatkan ekonomi, bisa juga mengurangi juga biaya hidup yang semakin berat," tutur Sandiaga.

Sementara itu, Head of Learning RSK, Dinni Rahmawati mengatakan, pelatihan dan pendampingan akan dilakukan selama dua bulan. Lele dan kangkung peserta dipantau hingga panen pertama.

"Harapannya dari hasil panen itu kita bisa membuka peluang baru untuk warga mendapatkan penghasilan tambahan," kata Dinni.

Baca juga: Sandiaga dorong UMKM di Evermos turut serta dalam tatanan ekonomi baru

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022