Las Vegas, Nevada (ANTARA News) - Toshiaki Nishioka mencoba untuk menjadi petinju Jepang pertama yang mempertahankan mahkotanya di medan laga AS ketika dia mempertaruhkan gelar kelas super bantam Badan Tinju Dunia (WBC) menghadapi Rafael Marquez dari Meksiko Sabtu.

Nishioka, yang mempunyai rekor 38-4 dengan tiga seri dan 24 KO, telah memenangkan 15 pertarungan secara berturut-turut, 10 diantaranya dengan KO, sejak terakhir kalah pada 2004 melawan legenda Thailand Veeraphol Sahaprom, lapor AFP.

Pertarungan Las Vegas tersebut akan menjadi yang ketujuh kali mempertahankan gelar untuk petinju kidal berusia 35 tahun sejak merebut mahkota dari petinju Thailand Napapol Sor Rungvisai pada 2008 di Yokohama.

Nishioka melakukan pertarungan kelima di luar Jepang dan yang ketiga penampilan di AS ini menjadi yang pertama kalinya sebagai juara dunia.

"Saya akan menjadi petinju Jepang pertama yang akan berhasil mempertahankan gelar juara dunia di daratan AS," kata Nishioka kepada majalah Ring.

"Karena Rafael Marquez merupakan nama besar di dunia tinju, maka memenangkan pertarungan melawan dia menjadi motivasi besar bagi saya."

Nishioka juga mengatakan kepada majalah tersebut dia menginginkan pertarungan berikutnya melawan bintang Filipina Nonito Donaire dan kemudian mungkin pensiun.

Donaire, yang memiliki rekor 26-1 dengan 18 KO, belum terkalahkan dalam 25 pertarungan selama lebih dari satu dekade akan mulai mempertahankan gelar kelas bantam Badan Tinju Dunia pada 22 Oktober di New York melawan petinju kidal Omar Andres Navarez, yang memiliki rekor 35-0 dengan dua seri dan 19 KO.

Donaire memenangkan mahkota dunia ketiganya di kelas berbeda bulan Februari lalu, merebut mahkotanya yang sekarang ini setelah menghentikan di ronde kedua petinju Meksiko Fernando Montiel.

Mantan juara kelas bantam dan super bantam dunia Marquez memperbaiki rekornya menjadi 40-6 dengan 36 KO pada Juli dengan menghentikan pada ronde keenam rekan senegaranya Eduardo Becerril.

Marquez, 36, dihentikan pada ronde kedelapan November lalu oleh petinju kidal Puerto Rico Juan Manuel Lopez. Marquez tiga kali kalah dari enam pertarungan terakhirnya, dua diantaranya secara four-fight split melawan rekan senegaranya Israel Vazquez.

Acara Sabtu juga akan menyertakan petinju tak terkalahkan Nikaragua Roman Gonzalez yang mempertahankan gelarnya di kelas terbang junior Assosiasi Tinju Dunia (WBA) melawan petinju Meksiko Omar Soto.

Gonzalez, yang memiliki rekor 29-0 dengan 24 KO, menjalani debutnya di AS dan pertarungan mempertahankan mahkota ketiga yang direbutnya dari petinju Meksiko Francisco Rosas tahun lalu di Tokyo. Soto, yang memiliki rekor 22-7 dengan dua seri dan 15 KO, kalah dalam tiga pertarungan memperebutkan gelar dunia sebelumnya. (K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011