Kita sudah menyiapkan "joint statement" untuk para pemimpin ASEAN di UNFCC mendatang..."
Bandung (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengatakan Indonesia sebagai Ketua Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) 2011 terus mempromosikan konsep ekonomi hijau dan energi hijau di tatanan regional.

"Sebagai negara yang sudah berkali-kali menjadi Ketua ASEAN ,kita selalu membuat inisiatif baru, termasuk di bidang lingkungan hidup," kata M. Hatta dalam jumpa pers acara Konferensi Internasional TUNZA di Gedung Merdeka, Bandung, Sabtu.

Menteri Gusti Muhammad Hatta mengatakan pihaknya telah menyiapkan rancangan pernyataan bersama para pemimpin ASEAN terkait perubahan iklim, yang menunjukkan komitmen bersama ASEAN dalam Konvensi Kerangka Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa Bangsa (UNFCC).

"Kita sudah menyiapkan "joint statement" untuk para pemimpin ASEAN di UNFCC mendatang. Sebentar lagi akan dikirimkan ke para menteri lingkungan hidup se-ASEAN, jika mereka setuju maka drafnya bisa diserahkan kepada presiden," kata Gusti.

Selain itu, dalam Konferensi Internasional Anak dan Remaja TUNZA tentang lingkungan yang dihadiri oleh 1.200 anak dan pemuda dari 108 negara, untuk pertama kalinya digagas lomba debat antarnegara ASEAN.
(SDP-10)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011