Konstruksi sosial perihal ibu yang baik
Makassar (ANTARA) - Pelaku seni dan budaya Makassar, Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Kala Teater akan menggelar pertunjukan seni teater untuk mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga kesehatan mental ibu.

Sutradara pertunjukan sekaligus penulis naskah Nurul Inayah di Makassar, Kamis mengatakan pertunjukan “Postpartum” berupaya menyampaikan kisah-kisah ibu pasca melahirkan yang masih dianggap tabu. Kisah tersebut diambil dari beragam wawancara responden.

Tema yang diangkat dalam pertunjukan ini adalah kisah ibu pasca melahirkan yang mengalami postpartum depression (depresi pasca melahirkan) dan mereka yang berpotensi mengalaminya.

"Sangat banyak penyebab dari potensi postpartum depression yang bisa terjadi pada ibu, namun pertunjukan ini akan menyorot konstruksi-konstruksi sosial perihal “ibu yang baik” yang kerap disudutkan soal pengasuhan dan tanggung jawab hanya pada perempuan dan memicu munculnya komentar-komentar negatif," urainya.

Baca juga: Ruang seni imaginasi hadir perdana di Makassar giatkan ekonomi

Baca juga: Menparekraf dukung penuh pagelaran seni budaya F8 Makassar


Pertunjukan Teater "Postpartum" akan diselenggarakan pada 25-27 Maret 2022 di Gedung Kesenian Sulsel Societeit de Harmonie di Makassar dan pertunjukan virtual akan ditayangkan pada April 2022 mendatang.

Selain pertunjukan, akan digelar diskusi pada hari terakhir pertunjukan, dan gerakan kampanye agar kisah-kisah postpartum menjadi lebih akrab di masyarakat.

Sebagai upaya berkelanjutannya kampanye ini, kisah-kisah postpartum akan diunggah pada akun instagram yang dibuat khusus yaitu @kisahpostpartum.

Sejak dua tahun terakhir, kata Nurul Inayah, Kala Teater menyiasati masa pandemi dengan mengadakan pertunjukan virtual. Terhitung tujuh pertunjukan virtual telah diproduksi oleh Kala Teater sejak tahun 2020.

"Tahun ini, Kala Teater mencoba beradaptasi dengan kenormalan baru dan untuk pertama kalinya kembali ke panggung aktual melalui pertunjukan Postpartum," ujarnya.

Pertunjukan dan kampanye ini didukung oleh Unionaid, Meditatif Films, sedangkan mitra kampanye adalah Pamflet Generasi, dan Ruang Jurnalis Perempuan.

"Untuk memesan tiket pertunjukan dapat melalui tautan https://bit.ly/tiketpostpartum," tambah Sukarno Hatta selaku Manajer Produksi.

Kala Teater didirikan di Makassar pada tahun 2006, sebuah perkumpulan yang bergerak di bidang seni dan budaya.

Perkumpulan ini berupaya mencapai visinya yaitu mengasah kepekaan antar manusia melalui program penciptaan seni pertunjukan, kolaborasi lintas disiplin seni, pelatihan, residensi, diskusi, dan penelitian budaya.

Baca juga: Battery Dance pukau pencinta seni di Makassar

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022