Boyolali, 2/10 (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah menghentikan sementara kegiatan renovasi wisma penginapan para atlet ASEAN Paragame (APG) 2011, yang dipusatkan di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

"Renovasi wisma atlet Paragame di asrama haji Donohudan, sudah mencapai 80 persen. Kegiatannya kini dihentikan sementara, karena digunakan untuk penyelenggaraan ibadah haji," kata Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, usai melepas calon haji kelompok terbang (kloter) pertama di asrama haji Donohudan Boyolali, Minggu.

Menurut dia, pihaknya sudah meminta untuk dipersiapkan dengan baik, karena penyelelenggaran ASEAN Paragame, waktunya sangat dekat pada Desember 2011.

"Renovasi wisma asrama haji Donohudan akan dilanjutkan lagi, setelah para calon haji sudah diberangkatkan seluruhnya ke Tanah Suci," katanya.

Bibit mengemukakan, jika kegiatan renovasi wisma tidak dihentikan sementara akan mengganggu kenyamanan para calhaj yang sedang menjalankan ibadah haji.

"Saya berharap semuanya berjalan lancarm baik persiapan ASEAN Paragame maupun penyelenggara ibadah haji tahun ini," katanya.

Wisma Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Sabtu (1/10) dikunjungi Asisten III Pemprov Jateng, Edi Susanto, bersama rombongan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng, terkait realisasi renovasi penginapan bagi para atlet peserta kejuaraan olahraga multieven bagi penyandang cacat (difabel) se-Asia Tenggara.

Menurut Wakil Ketua II KONI Jateng, Sukahar, kegiatan renovasi wisma atlet APG memang mundur dari yang dijadwalkan. Renovasi sebelumnya dijadwalkan selesai pada akhir Oktober mundur November 2011.

Menurut dia, renovasi wisma atlet menjadi mundur, karena bersamaa musim haji, sehingga semua kegiatan pembangunan dihentikan sementara.

Rombongan dari KONI Jateng juga mengunjungi lokasi APG, antara lain Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Gedung Wanita, dan Kolam Renang Tirtomoyo.

Menurut dia, bahwa proses renovasi sudah berjalan hingga 80 persen untuk wisma atlet APG di Asrama Haji Donohudan Boyolali, dan sarana dan prasarana penunjang sudah mencapai angka 95 persen.

Ia menambahkan, proses renovasi seluruh venue yang akan digunakan APG VI 2011, diperkirakan akhir Oktober ini, sudah selesai seluruhnya. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011