Jakarta (ANTARA) - Orang tua dalam mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugas sekolah seringkali malah membantu membuat tugas sekolah ketimbang mengajarkan proses hingga menjadi jawaban, demikian seperti dikutip dari laman Ruangguru.

"Bahkan  beberapa orang tua terkadang justru mengerjakan tugas yang seharusnya dikerjakan oleh anak, atau memberi tahu jawaban dari pekerjaan rumah itu tanpa menjelaskan prosesnya," seperti dikutip dari rilis laman Ruangguru di Jakarta, Kamis.

Pola asuh itu menimbulkan dampak negatif. Pertama, anak menjadi kurang mandiri dan terlalu bergantung pada orang tua. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangannya di masa depan, anak akan selalu bergantung pada orang lain dan memiliki daya juang yang rendah.

Pekerjaan rumah berfungsi untuk melatih kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah. Fungsi itu tidak dapat dipenuhi jika anak tidak mengerjakan tugasnya sendiri, demikian kutipan dari Ruangguru.

Baca juga: Roboguru dari Ruangguru bantu siswa "work smart" di sekolah

Baca juga: Fitur adaptif Ruangguru permudah siswa pelajari materi secara mendalam


Selain itu, pekerjaan rumah yang dikerjakan oleh orang tua juga mempersulit guru mengevaluasi pemahaman siswa terhadap hasil pembelajaran. Guru tidak dapat membantu siswa dengan tepat jika tidak memahami di mana letak kesulitan siswa.

Lebih lanjut Ruangguru menyatakan fitur pemecah masalah dari Ruangguru yakni Roboguru dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan sekolah. Siswa dapat mengakses Roboguru melalui tiga metode yakni aplikasi Ruangguru, web roboguru.ruangguru.com, dan WhatsApp 0815-7815-0000 secara gratis.

Roboguru dapat digunakan untuk menanyakan soal dari semua mata pelajaran dari berbagai jenjang (SD/SMP/SMA/UTBK dan STAN).

Cara penggunaan Roboguru juga sangat mudah, siswa cukup upload foto atau ketik soal yang ingin ditanyakan, pilih jenjang dan mata pelajaran yang sesuai, kemudian akan muncul pembahasan soal detail dan diberikan 10 rekomendasi soal-soal mirip lainnya, serta rekomendasi video pembahasan dan rangkuman konsep mengenai materi terkait di aplikasi Ruangguru.

Jika user belum mendapatkan jawaban yang sesuai, terdapat pilihan untuk posting soal sehingga Master Teacher Roboguru dapat membantu menjawab soal tersebut.Pada Roboguru juga terdapat forum tanya jawab soal dimana siswa bisa mengajukan pertanyaan dan menjawab soal yang diajukan siswa lainnya.

Baca juga: Generasi Alpha senangi pembelajaran instan, perspektif informasi luas

Baca juga: Ruangguru sediakan materi bantu siswa untuk seleksi perguruan tinggi

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022