Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional, Kamis (24/3), mulai dari Presiden Joko Widodo kunjungi NTT hingga forum parlemen dunia Inter-Parliamentary Union (IPU) sepakati resolusi damai Rusia-Ukraina.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden resmikan penataan kawasan Kupang untuk tujuan wisata
Presiden Joko Widodo meresmikan penataan kawasan Kupang yang dilakukan di tiga lokasi guna menambah destinasi wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya Kupang. "Saya sangat terkesan sekali hasil penataan kawasan di Kupang, dari kawasan Kota Lama Kupang, tepatnya di Pantai Lai-Lai Besi Kopan (LLBK), dan juga di sini di Pantai Kelapa Lima, serta yang ketiga Koridor 3 Jalan Frans Seda," kata dia, saat meresmikan penataan kawasan di Pantai Kelapa Lima, Kupang, yang dipantau secara virtual, Kamis.

Selengkapnya di sini

2. Presiden Jokowi tinjau sumur pompa hidram di Desa Oinlasi
Presiden Joko Widodo meninjau fasilitas sumur pompa hidram yang menyediakan air bersih bagi warga di Desa Oinlasi, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis.

Setibanya di lokasi, dia mendapat penjelasan dari Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Letnan Kolonel Kavaleri Djefri Marsono Hanok, tentang sumur pompa hidram, yang menjadi salah satu program Komando Militer IX/Udayana di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Selengkapnya di sini

3. KSP kawal pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN
Kantor Staf Presiden mengawal langsung dan memastikan pembangunan tahap awal Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di Ibu Kota Nusantara selesai sesuai target pada 2024.

Dalam kunjungannya ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (23/3), Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta memantau proses pembangunan Zona 1A dan Zona 1B KIPP yang akan dimulai dari titik kontrol geodesi atau titik nol IKN.

Selengkapnya di sini

4. Panglima TNI: Komandan kompi Distrik Gome diproses hukum
Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, mengatakan, komandan kompi Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, menjalani proses hukum karena menyembunyikan kegiatan pengamanan proyek galian pasir di wilayah tersebut tanpa sepengetahuan atasan.

"Proses hukum sudah dimulai, karena lokasinya sehingga proses penyidikan memerlukan waktu lebih panjang karena untuk ke lokasi tidak bisa terlalu bebas. Namun prosesnya terus berlanjut," kata dia, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

5. Puan pimpin forum parlemen dunia sepakati resolusi damai Rusia-Ukraina
Ketua DPR, Puan Maharani, memimpin Sidang Majelis Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) yang berhasil menyepakati resolusi damai untuk konflik Rusia dan Ukraina.

Resolusi damai itu disepakati oleh ribuan delegasi yang mewakili parlemen dari 115 negara setelah melalui serangkaian tahapan sidang dan sesi debat yang dipimpin oleh Puan Maharani sebagai pimpinan sidang majelis IPU tahun ini.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022