Jakarta (ANTARA) - Ajang Anugerah BUMN 2022 mendorong kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi, sekaligus mengkonsolidasi SDM yang kompetitif dan berdaya saing, terutama pada transisi endemi.

Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2022 sekaligus Menteri BUMN pertama Tanri Abeng mengatakan pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari peningkatan kinerja perusahaan, namun juga kepemimpinan dalam menjalankan strategi untuk menjaga keseimbangan bisnis di masa pandemi. Menurutnya, ada kolerasi positif antara kapasitas CEO dengan kinerja perusahaan.

“Yang kita nilai tidak hanya dari perspektif keuangan, tapi kita juga menilai bagaimana strategi para CEO untuk menentukan langkah transformasi dan pengembangan usaha di tengah tahun yang sulit. Kami bisa menyimpulkan bahwa BUMN ini resilence, mereka mampu memberikan prestasi terbaiknya yang tentu tidak terlepas dari kapasitas para CEO,” ujar Tanri Abeng dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

BUMN Track didukung PPM Manajemen menggelar Anugerah BUMN 2022 sebagai apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang telah berkiprah bagi pertumbuhan kinerja perusahaan.  Kali ini Anugerah BUMN yang memasuki tahun ke-11 mengangkat tema “Transformasi Tata Kelola BUMN Membangun Keseimbangan Bisnis”. 

Baca juga: Raih nilai merit terbaik, Erick: Bukti transformasi BUMN berjalan baik

Pada kategori The Best CEO BUMN diraih oleh Bakir Pasaman selaku CEO Pupuk Indonesia Holding Company. Di bawah kepemimpinannya, Pupuk Indonesia dipersiapkan menjadi perusahaan nasional berkelas dunia terkait nutrisi tanaman dan solusi pertanian yang berkelanjutan. Transformasi yang sebelumnya berbasis pada produksi diubah menjadi customer centric, salah satunya melalui Program Makmur. 

Selanjutnya pada kategori The Best CEO Anak Perusahaan BUMN terpilih Rahmat Pribadi sebagai CEO Pupuk Kaltim. Melalui kepemimpinan yang agile, Pupuk Kaltim berpijak pada visi menjadi perusahaan kelas dunia di bidang agribisnis dan kimia. 

Sementara itu, peraih The Best CEO BUMN Tbk adalah CEO Bank BRI Sunarso. Sebagai induk holding ultramikro yang menetapkan visi 'The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion', BRI bergerak pasti dalam menguasai pangsa pasar UMKM, sesuai strategi yang dijalankan, yakni penyelematan UMKM.

Sebanyak 90 perusahaan BUMN berpartisipasi dalam ajang Anugerah BUMN 2022 yang  merupakan kesempatan  bagi BUMN dan para CEO BUMN menyajikan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menjaga keberlangsungan usaha di era transisi endemi.

Baca juga: Pupuk Indonesia raih "Best Corporate & Best CEO" Anugerah BUMN 2021

Baca juga: Mampu terapkan transformasi digital, Peruri raih Anugerah BUMN 2021

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022