Target pelaksanaan vaksinasi hari ini sebanyak 30.000 dosis
Temanggung (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah menggelar vaksinasi COVID-19 bagi warga di 28 titik di Provinsi Jawa Tengah guna mempercepat vaksinasi menjelang bulan Ramadhan 1443 H.

"Kali ini Binda Jateng menggelar vaksinasi 'door to door' kepada masyarakat umum, anak usia 6-11 tahun dan lansia pada 28 kabupaten/kota untuk mempercepat vaksinasi menjelang Ramadhan." kata Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto di Temanggung, Jumat.

Ia menyebutkan vaksinasi digelar di 2 kota dan 26 kabupaten, yakni Kota Magelang, Kota Salatiga, Kabupaten Magelang, Kendal, Banyumas, Wonosobo, Boyolali, Temanggung, Grobogan, Purbalingga, Kudus, Kebumen, Banjarnegara.

Baca juga: Binda Jateng gencarkan vaksinasi penguat di Kabupaten Kudus

Kemudian Kabupaten Cilacap, Pekalongan, Pati, Demak, Pemalang, Semarang, Karanganyar, Brebes, Sragen, Rembang, Batang, Jepara, Wonogiri, Sukoharjo dan Kabupaten Blora.

"Target pelaksanaan vaksinasi hari ini sebanyak 30.000 dosis," katanya.

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Temanggung dilakukan di pabrik sepatu PT Shoenary Javanesia Inc (SJI) Kranggan dengan menyediakan 1.500 dosis vaksin.

Baca juga: BIN Jateng telah salurkan 300.000 dosis vaksin COVID-19

Ia menuturkan upaya yang dilakukan Binda Jateng dalam vaksinasi ini adalah untuk mencegah sekaligus mengurangi efek dari COVID-19.

Sondi menyampaikan vaksinasi dosis penguat menjadi salah satu syarat untuk melakukan perjalanan mudik guna menghindari lonjakan kasus setelah liburan.

Baca juga: Binda Jateng berkomitmen dukung percepatan vaksinasi COVID-19

"Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi mempersilakan masyarakat untuk mudik saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk lebih dulu mendapatkan 2 kali suntikan vaksin COVID-19 dan suntikan vaksin penguat (booster)," katanya.

Ia meminta masyarakat yang telah melakukan vaksinasi untuk tetap terus menerapkan protokol kesehatan, antara lain menggunakan masker, menjaga jarak/mengurangi mobilitas dan mencuci tangan dengan sabun. 

Baca juga: 152,73 juta penduduk RI sudah terima dosis lengkap vaksin COVID-19

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022