Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan suhu udara di sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Selatan berkisar 24-35 derajat celcius, pada Sabtu.

Rilis pers diterima ANTARA, suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI) berkisar 24 – 35 °C dengan kelembapan udara 50 persen - 96 persen.

Sedangkan suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan berkisar 20 – 33 °C dengan kelembapan Udara 55 persen - 100 persen.

Pada pagi hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah OKI, OKU dan OKU Timur.

Baca juga: BMKG: Sumsel diprakirakan alami hujan ringan hingga hujan petir

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat siang hingga malam di Sumsel


Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, OKI dan OKU Selatan.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan - sedang di wilayah Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Lahat, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Ogan ilir.

Sedangkan pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan dan udara kabur hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, OKI dan Prabumulih.

Angin bergerak dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 4 – 20 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,1 – 0,5 meter. Cuaca diprakirakan berawan hingga hujan ringan. Arah angin dari Barat Laut – Timur dengan kecepatan 4 - 20 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada sore - malam hari di wilayah Muaraenim, Ogan Ilir Prabumulih, OKI dan OKU Selatan.*

Baca juga: BMKG: Hujan sedang-lebat masih landa Sumsel hingga dasarian II Maret

Baca juga: BMKG prakirakan Sumsel berpotensi berawan dan hujan

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022