Perubahan susunan pengurus perseroan dilandasi oleh kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depannya
Jakarta (ANTARA) - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021 menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan.

"Perubahan susunan pengurus perseroan dilandasi oleh kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depannya," kata Komisaris Utama Semen Baturaja Franky Sibarani dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Perubahan susunan pengurus perseroan antara lain Jobi Triananda Hasjim yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama digantikan oleh Daconi. Sementara Daconi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Produksi & Pengembangan digantikan oleh Suherman Yahya.

M. Jamil yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko digantikan oleh Tubagus Muhammad Dharury. Selain itu, Amrullah yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Umum & SDM digantikan oleh Gatot Mardiana.

RUPST juga memutuskan pemberhentian Endang Tirtana sebagai Komisaris Independen dan pengangkatan kembali Oke Nurwan sebagai Komisaris

Sebagai salah satu perusahaan BUMN di Sumatera Selatan yang bergerak di industri semen, SMBR mencatatkan kinerja positif pada 2021 dengan mengantongi laba bersih perseroan sebesar Rp51,8 miliar.

Laba bersih 2021 pun ditetapkan sebagai cadangan lainnya yang digunakan untuk investasi perusahaan sesuai dengan pertimbangan kondisi perekonomian Indonesia, kebutuhan dana untuk investasi pengembangan dan untuk menjaga likuiditas perseroan dalam kondisi baik.

Semen Baturaja berhasil melalui situasi sulit pada masa pandemi COVID-19 dengan membukukan volume penjualan sebesar 1,9 juta ton atau meningkat 1 persen dari 2020.

Perseroan juga mampu mempertahankan pangsa pasar di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni 31 persen. Selain itu, peningkatan pangsa pasar terjadi di wilayah Lampung yang mencapai 29 persen atau naik 1 persen (yoy).

Dari sisi kinerja keuangan, perseroan mampu memaksimalkan penjualan dengan capaian Rp1,8 triliun atau meningkat 2 persen dari realisasi 2020, sehingga kinerja laba bersih perseroan tumbuh 372 persen menjadi Rp51,8 miliar pada 2021.

Adapun susunan pengurus perseroan yang baru berdasarkan keputusan RUPST Tahun Buku 2021:

Komisaris Utama : Franky Sibarani
Komisaris : Oke Nurwan
Komisaris Independen : Darusman Mawardi
Komisaris Independen : Chowadja Sanova

Direktur Utama : Daconi
Direktur Produksi & Pengembangan : Suherman Yahya
Direktur Keuangan : Tubagus Muhammad Dharury
Direktur Umum & SDM : Gatot Mardiana
Direktur Pemasaran : Mukhamad Saifudin

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022