Jakarta (ANTARA) - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA)  melalui berbagai program pembinaan terus mendukung UMKM Indonesia untuk bisa menjadi mandiri dan berkelanjutan.

"Melalui berbagai program pembinaan, antara lain pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan pembiayaan, YDBA terus berupaya untuk menjadi mitra UMKM serta mendukung UMKM tersebut agar bisa mandiri dan berkelanjutan," ujar Ketua Pengurus YDBA Sigit Kumala dalam konferensi pers daring di Jakarta, Senin.

Menurut Sigit, hingga Desember 2021 YDBA telah memberikan pembinaan terhadap lebih dari 12.006 UMKM yang ada di Indonesia, dengan penyerapan tenaga kerja lebih dari 71 ribu orang.

YDBA merupakan salah satu yayasan yang fokus dalam membina UMKM di Tanah Air, sebagai perwujudan cita-cita Astra sejahtera bersama bangsa.

Sebagai salah satu dari 9 yayasan yang menjalankan public contribution Astra, YDBA diharapkan dapat mendukung cita-cita Astra untuk dapat menjadi pohon yang memberikan serta bermanfaat bagi semua orang yang berada di bawahnya.

Semangat YDBA dalam membina UMKM terus dilakukan secara berkesinambungan selama 42 tahun perjalanan YDBA. Dalam 42 tahun tersebut banyak pihak yang terlibat dan berjasa dalam pencapaian YDBA, termasuk dari rekan-rekan media.

"Tahun ini kami akan kembali menyelenggarakan kembali apresiasi YDBA untuk pewarta yang dapat diharapkan menjadi semangat bagi rekan-rekan untuk terus menginspirasi kepada pelaku bisnis UMKM, melalui pemberitaan-pemberitaan positif yang bermanfaat bagi seluruh UMKM di Indonesia," kata Sigit.

Sebagai informasi program Apresiasi YDBA untuk pewarta ini menjadi program apresiasi kedua, di mana sebelumnya YDBA menjalankan program yang sama pada tahun lalu.

Untuk mendukung program apresiasi kedua ini, YDBA mengangkat tema "Semangat Kolaborasi dan Inovasi yang Mendukung Sustainability Development Goals".

Baca juga: YDBA Astra: Peningkatan kapasitas kunci UMKM jadi bagian rantai pasok

Baca juga: Kemenperin apresiasi program "ayah angkat" IKM otomotif oleh YDBA

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022