Jakarta (ANTARA) - Pengusaha Sandiaga Uno bersama "startup" pelatihan Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah SandiUno Indonesia (RSI) "menularkan" usaha budidaya ikan dalam ember (budikdamber) bagi warga RW 01 Kelurahan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Kegiatan ini untuk program belajar wirausaha menjadi 'Juragan Lele Lalap'," kata Sandiaga Uno melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Sandiaga mengharapkan program "Juragan Lele Lalap" tersebut membantu masyarakat mengatasi kesulitan ekonomi saat pandemi COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu menuturkan, saat ini memasuki masa transformasi karena pandemi COVID-19 sehingga masyarakat kehilangan pekerjaan, penghasilan berkurang yang berdampak kesulitan ekonomi.

"Akhirnya dengan beban biaya hidup yang semakin tinggi, butuh tambahan penghasilan," ujar Sandiaga.

Sandiaga menyatakan, pemerintah berkonsentrasi untuk membangkitkan ekonomi dengan menjalankan program yang tepat sasaran, manfaat dan tepat waktu.

Baca juga: Buka lapangan kerja, Sandiaga Uno ajak warga budidaya lele
Baca juga: Menparekraf dorong masyarakat gunakan produk buatan lokal
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memberikan bantuan benih lele di Petamburan, Jakarta Barat, Jakarta, Selasa (15/3/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf/aa. 
Pemerintah juga berupaya menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja melalui pelatihan wirausaha serta mencari solusi lainnya.

Sandiaga meminta masyarakat tidak terpaku terhadap kenaikan harga kebutuhan bahan pokok, namun bersama-sama mencari solusi untuk membangkitkan perekonomian rakyat dengan menggerakkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Jadi kita berpihak kepada UMKM juga menghadirkan solusi. Jadi kalau harga-harga bahan pokok mahal, jangan mengeluh, tapi justru kita hadirkan solusinya," kata Sandiaga.

Sandiaga mencontohkan salah satu kegiatan UMKM lele frozen dan katering D'Shafa milik Haryati yang membuka lapangan kerja dengan mempekerjakan kaum wanita.

"Ini adalah program belajar wirausaha praktis, dan sudah ada contohnya. Sekarang sudah membuka lapangan kerja bagi 50 ibu-ibu," ungkap Sandiaga.

Pada kesempatan itu, Sandiaga menyerahkan bantuan berupa 200 unit ember, 10 ribu benih ikan lele, 1.600 lubang tanam kangkung beserta benih serta pendampingan hingga masa panen.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022